Pertolongan Pertama Ketika Gadget Terkena Air

Liani
Liani

Pertolongan Pertama Ketika Gadget Terkena Air

Salah satu musuh utama dari barang elektronik adalah air. Karena itulah, para pemilik barang elektronik, terutama gadget harus sangat berhati-hati jika ada air di dekat gadget-nya. Air yang merupakan salah satu medium penghantar listrik yang baik (konduktor) tentunya sangat berbahaya bagi gadget Anda, karena dapat menimbulkan hubungan pendek yang berujung pada rusaknya gadget Anda.

Berikut adalah metode pertolongan pertama pada gadget yang terkena air:

1. Jauhkan atau angkat gadget Anda dari air secepat mungkin

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengetahui gadget Anda terkena air adalah segera menjauhkannya dari sumber air tersebut.

2. Cabut baterai

Jika gadget Anda masih menggunakan baterai terpisah (removable battery), segera mungkin untuk mengeluarkan baterai tersebut. Baterai adalah sumber listrik yang menjadi pemicu utama adanya hubungan pendek di sirkuit gadget Anda. Mencabut baterai akan menghindarkan gadget Anda mengalami hubungan arus pendek.

3. Keringkan bagian luar dan dalam

Setelah memastikan tidak ada lagi listrik yang mengalir di gadget Anda dengan mencabut baterainya, langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian luar dan dalam. Caranya cukup mudah, gunakan lap kering dan singkirkan air yang berada di bagian luar bodi. Untuk bagian dalamnya, Anda dapat membongkar gadget Anda dan memulai mengeringkan sisa air yang ada di dalamnya. Jika Anda tidak bisa membongkarnya, dua metode selanjutnya adalah metode alternatif lain untuk mengeringkan bagian dalam tanpa harus membongkar bagian dalamnya.

image0

4. Rendam gadget dengan serbuk silika atau beras

Jika Anda tak bisa membongkar bagian dalam gadget Anda, coba rendam dengan serbuk silika. Serbuk silika dapat ditemukan di berbagai peralatan rumah tangga atau sepatu, dan biasanya dibungkus dengan tulisan "jangan dimakan". Jika tidak memiiki bubuk silika, Anda masih bisa mengunakan beras untuk menyerap air yang ada di dalam bodi gadget Anda. Meskipun tidak seampuh bubuh silika, namun metode menggunakan beras masih cukup dapat diandalkan.

5. Gunakan alkohol untuk menggantikan air yang ada di dalam gadget Anda

Alkohol adalah cairan yang memiliki sifat berbeda dengan air. Alkohol mudah sekali menguap, dan tidak dapat mengahantarkan listrik (khusus alkohol yang menggunakan air suling). Menggunakan alkohol isopropyl dengan konsentrasi 95 persen adalah metode yang cukup ampuh untuk menghilangkan air dari dalam bodi gadget Anda. Siram gadget Anda dengan alkohol secara perlahan dan tunggu hingga alkohol tersebut menguap.

Perlu dicatat bahwa kelima metode tersebut adalah metode darurat dan tak menjamin gadget Anda akan pulih kembali. Meskipun demikian, kelima metode tersebut akan membantu gadget Anda terhindar dari kerusakan komponen yang lebih fatal

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});