(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pertumbuhan 2016 Bisa di Atas 5 Persen

Rusmanto
Rusmanto

Pertumbuhan 2016 Bisa di Atas 5 Persen
WinNetNews.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara mengatakan, struktur penguatan ekonomi Indonesia di 2016, diramal membaik. Seiring penguatan ekonomi dunia di waktu yang sama.

"Jadi ekonomi tahun depan, untuk capai 5,3 persen itu, cukup realistis. Begitu kurs stabil, maka importir dan pengusaha melakukan ekspansi. Kalau situasi masih goyang, mereka cenderung tidak spending dan ekspansi. Makanya kita jaga stabilitas. Begitu tahun depan ada mood lagi, pengusaha ekspansi dan tentu akan pengaruhi transaksi berjalan," kata Mirza di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Menurut Mirza, keoptimisan ini mengacu kepada sisi internal dalam negeri. Dengan adanya respon pemerintah dalam menghadapi pelambatanglobal dengan menelorkan tujuh paket ekonomi.

"Struktur ekonomi Indonesia sudah mulai membaik dengan paket-paket kebijakan deregulasi dan debirokratisasi yang dikeluarkan Pemerintah disaat pertumbuhan ekonomi kita mengalami perlambatan. Harapan kami pemda juga mendukung dengan ikut melakukan deregulasi dan debirokratisasi untuk dorong perekonomian domestik," Franky.

Mirza menambahkan, dengan modal tersebut, diyakini bisa memperbaiku sisi domestik. Alhasil, pertumbuhan ekonomi menjadi lebih terontrol dengan baik.

Namun demikian, kata Mirza, pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun ini, memang masih akan tertekan di sekitaran 4,7-4,8%. Dan, bakal melejit di 2016 di rentang 5,2-5,6%.

"Untuk tahun ini, memang sulit untuk menebus 5 persen. Namun kami prediksi tahun depan bisa di atas 5 persen," tandas Frankya.

disadur dari situs inilahcom

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});