Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Akan Naik Tapi Sedikit

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Akan Naik Tapi Sedikit

Selasa, 12 Jan 2016 | 18:55 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2015 dan 2016 di posisi 4,8% dan 5,3%. Sedangkan pada 2017, produk domestik bruto (PDB) Indonesia diperkirakan tumbuh 5,5%.

"Percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2016 diperkirakan bersumber dari berlanjutnya pemulihan permintaan domestik sebagai akibat dari kebijakan moneter dan fiskal yang akomodatif," ujar LPS dalam publikasi Indikator Likuiditas yang diterima Investor Daily, Senin (11/1).

Menurut LPS, penurunan giro wajib minimum (GWM) primer rupiah yang terealisasi pada Desember 2015 akan menambah kapasitas bank untuk menyalurkan kredit lebih banyak ke sektor riil pada tahun 2016. Di sisi fiskal, alokasi belanja infrastruktur yang tinggi dan melebihi alokasi 2015 akan menjadi salah satu faktor yang mendorong perbaikan investasi.

Di sisi lain, masih ada downside risks yang dapat menghalangi pemulihan aktivitas ekonomi pada 2016, seperti volatilitas arus modal dan nilai tukar yang diperkirakan masih cukup tinggi, perlambatan ekonomi Tiongkok yang menjadi mitra dagang utama Indonesia, serta harga komoditas yang masih rendah.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...