Pertumbuhan PDB China Tahun Lalu 7.3%

Rusmanto
Rusmanto

Pertumbuhan PDB China Tahun Lalu 7.3%

Pemerintah China hari ini (7/9/2015) menurunkan angka pertumbuhan PDB tahun lalu menjadi sebesar 7,3 persen. Hal ini terjadi karena meningkatnya kekhawatiran atas pelambatan ekspansi di ekonomi terbesar kedua dunia itu.

Di situs Biro Statistik Nasional disebutkan pihaknya menurunkan angka dari 7,4 persen yang diumumkan pada Januari setelah "konfirmasi pendahuluan". Angka baru tetap merupakan yang terendah sejak 1990, ketika pertumbuhan anjlok menjadi 3,9 persen.

Pasar-pasar saham global terpukul oleh kekhawatiran atas pelambatan pertumbuhan China sebagai pendorong utama ekonomi dunia.

Setelah beberapa dekade tumbuh dua digit pemerintah sedang mencoba untuk menarik penyeimbangan kembali yang rumit dari model ekonomi yang didorong investasi dan ekspor ke salah satu di mana permintaan konsumen dalam negeri mendorong lebih lambat namun tumbuh lebih berkelanjutan.

Tetapi survei resmi manufaktur China pekan lalu mengirim pasar-pasar dunia jatuh berputar-putar, karena investor mengkhawatirkan ekonomi China akan menghadapi "hard landing" (perlambatan ekonomi secara mendadak sehingga mengakibatkan guncangan).

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat dalam dua kuartal pertama tahun ini, mencapai 7,0 persen di kedua periode.

Para investor juga khawatir dengan langkah mengejutkan otorotas moneter Tiongkok menurunkan kurs tengah mata uang yuan terhadap dolar AS sebesar hampir lima persen dalam satu minggu bulan lalu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});