Peru Diguncang Gempa 5,3SR

Peru Diguncang Gempa 5,3SR

Selasa, 16 Agt 2016 | 16:34 | Rusmanto
WinNetNews.com - Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Cayllona, Peru, dan menewaskan sedikitnya empat orang serta melukai lebih dari 20 lainnya.

Gempa yang terjadi di kedalaman dangkal itu juga dilaporkan menghancurkan puluhan rumah serta merusak jaringan telepon dan listrik.

Sementara itu, menurut lembaga survei geologi Amerika Serikat, USGS menyebutkan, gempa terjadi di kedalaman delapan kilometer Provinsi Caylloma di daerah Arequipa, wilayah pegunungan Andes. Gempa susulan terus mengguncang wilayah itu sepanjang Senin (15/8/2016).

Di antara korban yang tewas, dikonfirmasi merupakan seorang warga negara AS berusia 66 tahun.

Gubernur Arequipa Yamilla Osorio mengatakan, laporan awal dari daerah yang terkena dampak gempa mengindikasikan kemungkinan delapan orang tewas dan puluhan rumah di tiga kota hancur. Jaringan telepon dan listrik juga dilaporkan lumpuh sedangkan jalan tertutup oleh longsor, lansir Reuters.

Gempa ini terjadi hanya berselang sehari menjelang peringatan sembilan tahun gempa Peru 2007 yang menewaskan ratusan orang di wilayah Ica. Perlu pula diketahui, bahwa sebagian besar rumah di negara Amerika Latin itu dibuat dari bahan-bahan rapuh yang tidak bisa bertahan dari guncangan gempa.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...