Perusahaan Produksi 'Film4' Cetak Rekor di Oscars 2016

Perusahaan Produksi 'Film4' Cetak Rekor di Oscars 2016

Sabtu, 23 Jan 2016 | 07:00 | kontri

WinNetNews.com - Film4 Productions, perusahaan produksi film asal Inggris Raya, tahun ini mencetak rekor dalam ajang Oscars karena berpeluang untuk memenangkan 15 penghargaan sekaligus.

Sebab, ada enam film yang diproduksi sendiri oleh Film4 Productions maupun bekerja sama dengan perusahaan produksi lainnya. Film4 Productions sendiri berada di payung kepemilikan Channel 4 Television Corporation yang berbasis di London, Inggris.

Apa saja film produksi Film4 Productions yang masuk nominasi Oscars? Ada film Room arahan Lenny Abrahamson yang menjadi satu-satunya produksi Film4 Productions yang masuk dalam nominasi Best Picture Oscars 2016.

Room juga menyumbang nominasi Oscars lainnya, yakni Brie Larson untuk Best Actress, Lenny Abrahamson untuk kategori Best Director, dan Best Adapted Screenplay.

Ada pula film Carol karya Tod Haynes yang memberikan enam nominasi kepada Film4 Productions. Carol , film drama percintaan antara sesama jenis ini, mendapat nominasi kategori Best Actress untuk Cate Blanchett, Best Supporting Actress untuk Rooney Mara, Best Adapted Screenplay untuk Phyllis Nagy, Best Original Score untuk Carter Burwell, Best Cinematography untuk Ed Lachman, dan Best Costume Design untuk Sandy Powell.

Karya-karya Film4 Productions yang juga mendapat nominasi, antara lain film 45 Years arahan Andrew Haigh, film dokumenter Amy karya Asif Kapadia, film drama Youth arahan Paolo Sorrentino, dan Ex Machina karya Alex Garland.

Film fiksi ilmiah Ex Machina mendapat dua kategori nominasi, yaitu Best Orignal Screenplay dan Best Visual Effects. Sedangkan film dokumenter Amy tentang mendiang penyanyi Amy Winehouse masuk dalam kategori nominasi Best Feature Documentary.

Dan, yang terakhir dan bisa disebut mengejutkan adalah masuknya film drama 45 Years dalam kategori nominasi Best Actress untuk Charlotte Rampling.

Film4 Productions sendiri bukanlah perusahaan produksi film yang baru. Kiprahnya di Hollywood sudah dimulai sejak tahun 1982. Tahun lalu, Film4 Productions juga berhasil memasukkan filmnya di ajang Oscars, yaitu film drama biografi berjudul Mr. Turner karya Mike Liegh yang mendapat empat 4nominasi Oscars.

Pada tahun sebelumnya, ada 12 Years a Slave arahan Steve McQueen yang masuk dalam 9 kategori nominasi Oscar dan memenangkan 3 di antaranya, termasuk Film Terbaik.

(dilansir dari Muvila)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...