Perusahaan RI yang Akan Bekerja Sama Dengan China Garap Kereta Cepat

Perusahaan RI yang Akan Bekerja Sama Dengan China Garap Kereta Cepat

WinNetNews.com - Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) patungan membentuk PT Pilar Sinergi BUMN. Perusahaan baru ini akan berkongsi dengan pihak China menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Empat BUMN tersebut adalah, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Kereta Api (KAI), dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Penandatanganan akta pendirian sudah dilakukan akhir pekan lalu.

"Pilar Energi BUMN Indonesia selanjutnya akan melakukan penyertaan di suatu perusahaan patungan dengan nama yang disepakati antara PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia dengan pihak investor asing. Perusahaan patungan tersebut akan melaksanakan proyek penyelenggaraan jasa kereta api cepat untuk trase Jakarta – Walini – Bandung," kata Corporate Secretary WIKA, Suradi, dalam keterangan tertulis, Kamis (8/10/2015).

Ia mengatakan, komposisi penyertaan saham WIKA dalam Pilar Sinergi BUMN Indonesia pada saat pendirian adalah sebesar 38% atau senilai dengan Rp 1,71 miliar, PTPN VIII 25% atau senilai Rp 1,125 miliar, KAI 25% atau senilai Rp 1,125 miliar, dan Jasa Marga 12% atau senilai Rp 540 juta.

Menurutnya, dengan pendirian Pilar Sinergi BUMN Indonesia ini, maka masing-masing anggota konsorsium dapat bekerja lebih efektif dan melakukan kegiatan sesuai porsi masing-masing.

"Perseroan saat ini tengah fokus berkenaan dengan penuntasan kajian aspek finansial dan business plan-nya," kata Suradi.