Perut Buncit Bergelambir atau Keras, Apa Bedanya?
Ilustrasi: The Fast 800

Perut Buncit Bergelambir atau Keras, Apa Bedanya?

Sabtu, 2 Nov 2019 | 13:55 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Memasuki usia 40-an, baik wanita maupun pria banyak memiliki perut buncit. Selain karena faktor hormon dan usia, perut buncit ini muncul karena adanya gaya hidup yang tidak sehat. Ada dua jenis perut buncit yang biasanya kita ketahui, pertama adalah perut buncit yang lembek dan perut buncit yang keras. Apa bedanya?

“Perut buncit keras biasanya disebabkan karena tumpukan lemak lebih banyak di bagian dalam organ tubuh manusia,” papar ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, dikutip dari Detik.com.

Penyebab perut buncit keras ini menurut Jansen adalah karena tingginya kadar hormon kortisol. Selain itu habit minum alkohol, sindrom iritasi usus, dan terlalu banyak ngemil makanan tidak sehat juga ikut menyumbang munculnya lemak trans.

Untuk mengatasi hal tersebut, Jansen menyarankan tidur cukup dan jangan banyak begadang. Tidur berkualitas dijamin akan mendorong pelepasan hormon leptin yang mengatur metabolisme dan napsu makan.

Sementara itu, perut buncit yang bergelambir merupakan lemak yang mengisi bagian bawah kulit yang cirinya adalah ‘luber’ hingga ke sisi tubuh. Ini disebabkan oelh tubuh yang kurang bergerak.

“Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki pola makan dan hindari makanan tinggi gula. Perbanyak makan daging, sayur-sayuran serta sumber lemak sehat. Selain itu, jangan lupa luangkan waktu untuk rutin berolahraga,” tandas Jansen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...