Perut Buncit Bisa Akibatkan Kanker Prostat?

Rusmanto
Rusmanto

Perut Buncit Bisa Akibatkan Kanker Prostat? ilustrasi

Winnetnews.com -  Salah satu masalah kesehatan yang dialami cukup banyak pria, khususnya yang berusia dewasa adalah perut buncit. Biasanya, masalah ini mulai dialami oleh pria dengan usia lebih dari 30 tahunan. Masalahnya adalah ada yang menganggap perut buncit bisa menyebabkan datangnya berbagai masalah kesehatan seperti kanker prostat. Apakah anggapan ini memang benar?

Kaitan antara perut buncit dan kanker prostat

Pakar kesehatan menyebut perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak visceral yang menumpuk di bagian perut. Lemak ini tak hanya membuat ukuran perut membesar, melainkan juga menyelubungi organ-organ dalam tubuh seperti hati, usus, dan lain-lain. Masalahnya adalah fungsi dari organ-organ tubuh bisa terganggu sehingga bisa menyebabkan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Cancer, dihasilkan fakta bahwa penumpukan lemak visceral di dalam perut dan di bagian paha bisa meningkatkan risiko kanker prostat dengan signifikan. Hal ini terungkap setelah para peneliti mengecek indeks massa tubuh dan lingkar pinggang para partisipan untuk mengetahui kaitannya dengan kanker prostat selama 13 tahun.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 1.800 partisipan pria di Islandia ini, dihasilkan fakta bahwa 172 pria mengalami kanker ini dan memicu 31 kasus kematian. Pemimpin penelitian Barbara Dickerman dari Harvard TH Chan Health Public School menyebut indeks massa tubuh dan lingkar pinggang memang bisa berpengaruh besar pada risiko kanker prostat.

“Lemak visceral dan kanker prostat memang terkait, namun dampaknya jauh lebih besar pada mereka dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah,” terang Dickerman.

Apa Reaksi Kamu?