Perut Masih Kosong! Awas, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Perut Masih Kosong! Awas, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Ilustrasi yogurt Yunani (iStockphoto)

WinNetNews.com - Saat dikejar-kejar oleh aktivitas yang padat, seseorang akan melewatkan sarapan. Lalu lupa makan siang hingga matahari tenggelam.

Kebiasaan membiarkan perut kosong semacam ini tentu tidak baik apabila dilakukan terus menerus. Sebab, akan terjadi kerusakan pada organ tubuh (yang utama adalah lambung).

Cobalah untuk membuang jauh kebiasaan membiarkan perut kosong. Selain itu hal lain yang perlu diketahui adalah jangan pernah mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman ini saat perut masih kosong. Bahaya efeknya.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman lifehack.org, Sabtut (29/9/2018), berikut 5 makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan saat perut kosong:

1. Tomat

Meskipun memiliki kandungan nutrisi dan jumlah vitamin C yang tinggi, tomat juga mengandung asam tannic yang mampu meningkatkan keasaman di perut.

Jika dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong, maka akan menyebabkan luka pada lambung. Sebaiknya konsumsi tomat saat sudah ada asupan karbohidrat dalam lambung.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Yoghurt sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga keasaman lambung dan dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus.

Namun, yoghurt tak setiap saat bisa dikonsumsi. Hindari konsumsinya pada saat perut sedang kosong. Sebab, tingkat asam lambung yang sudah tinggi ditambah dengan konsumsi makanan ini bisa membuat organ terganggu.

3. Gula Olahan

Kebanyakan dari kita tentu tahu bahwa konsumsi gula secara berlebih tak baik bagi tubuh. Produk gula olahan akan punya efek buruk yang sama jika dikonsumi terus menerus.

Sebut saja sirup, soda hingga pemanis buatan lainnya. Produk olahan yang dibuat dari gula ini tak baik dikonsumsi apabila perut sedang kosong. Isi perut terlebih dahulu dengan air putih dan makan sarapan yang bergizi.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu panganan diet yang paling utama. Selain mampu membantu seseorang menyembuhkan sembelit, sejumlah peneliti menyebut bahwa buah ini adalah makanan yang super hebat.

Tetapi, pisang mengandung banyak magnesium dan potassium yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar magnesium dan kalium dalam darah jika memakannya saat perut kosong.

5. Kopi

Minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman dan bisa memicu sakit maag hingga gangguan pencernaan sepanjang hari.

Minum kopi sebelum jam 09.30 pagi bukanlah waktu yang baik, apalagi saat baru bangun tidur.

Beberapa ilmuwan menemukan bahwa tubuh menghasilkan jumlah hormon stres kortisol yang lebih tinggi, yang membantu tetap berenergi antara pukul delapan hingga sembilan pagi.

Dengan minum kopi sebelum atau selama jam itu, kafein akan mengurangi produksi kortisol di pagi hari. Jadi bagi kebanyakan orang, waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah jam 09.30 pagi.