(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Perut Mulas Karena Minum Kopi

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Perut Mulas Karena Minum Kopi

WinNetNews.com – Pernahkah Anda merasakan sakit perut pada pagi hari khususnya saat meminum kopi ? Direktur Pusat Kesehatan Pencernaan di Georgia Regents University Satish Rao, berpendapat bahwa kopi meningkatkan kontraksi di usus Anda yang mengaktifkan saluran untuk tinja berjalan menuju rektum Anda.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya, selain makanan, ternyata kafein dalam kopi bisa membuat perut kontraksi. Ini menunjukkan kafein, berperan dalam mempercepat usus Anda, tapi ini bukan satu-satunya penyebab. Kemungkinan ada sesuatu dalam kopi itu sendiri yang memicu kontraksi.

Para ahli berpendapat, satu menit setelah Anda meminum kopi, itu akan mencapai perut Anda. Satu atau lebih dari ratusan senyawa memicu produksi hormon tertentu dalam tubuh Anda, seperti motilin yang merangsang kontraksi atau usus gastrin yang menyebabkan sekresi asam dalam perut Anda. Itulah yang terjadi saat Anda buang air besar.

Tetapi, para ilmuwan mengatakan itu juga mungkin karena kombinasi dari segala sesuatu yang terjadi atau rutin dilakukan sejak bangun pagi hingga mengantarkan Anda ke toilet. Usus Anda sekitar dua kali lebih aktif di pagi hari berkat irama sirkadian tubuh Anda.

Jika tak ingin terlalu banyak buang air besar di pagi hari, setelah bangun tidur sebaiknya tunggu sekitar dua jam sehingga ini bisa memberikan usus Anda cukup waktu untuk bereaksi di pagi harinya. Dan, saat Anda minum kopi pertama, cobalah untuk tidak menggabungkannya dengan makanan atau olahraga karena keduanya bisa membuat usus kontraksi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});