Perut Tiba-Tiba Mulas Usai Minum Boba? Kamu Mungkin Kena Penyakit ini
Ilustrasi: Eater

Perut Tiba-Tiba Mulas Usai Minum Boba? Kamu Mungkin Kena Penyakit ini

Minggu, 8 Des 2019 | 11:40 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Minuman kekinian seperti boba milk tea sering dikombinasikan dengan fresh milk yang menjadi incaran banyak orang. Rasa susu yang dikombinasikan dengan boba milk tea bisa menambah cita rasa yang nikmat bagi siapapun yang mencobanya.

Namun pernahkaah kamu merasa kembung usai mengeguk boba milk tea? Beberapa orang mengaku bahwa mereka merasa perut mereka kembung setelah meminum satu porsi boba milk tea.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai intoleransi laktosa. Intolerasni lakotsa adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menerima inejksi laktosa, khususnya dalam olahan susu seperti boba milk tea.

image0
Ilustrasi: CityMag

Spesialis penyakit dalam Dr. Sean Chung mengatakan bahwa kemampuan mencerna laktosa atau gula bisa ditemukan dalam susu hewani. Kondisi seperti ini umum dialami oleh setiap orang.

“Beberapa dari kita akan mengalami penurunan drastis dalam jumlah enzim ini. Seringnya sekitar usia lima tahun. Pengurangan ini dikenal dengan istilah non-persistensi lactase. Jika kontak laktosa tidak berkurang untuk penyerapan, ia akan tetap berada di usus dan menarik air keluar dari seluruh tubuh untuk dikonversi oleh bakteri usus menjadi gas hidrogen,” kata Dr. Chung, dikutip dari Next Shark.

Kondisi ini awalnya akan menimbulkan sensasi kembung di perut usai minum susu. Dilansir dari World of Buzz, orang Asia umumnya mengalami fenomena ini lebih sering jika dibandingkan dengan orang Eropa. Fakta ini juga menjadi penjelasan bahwa orang non-Asia cenderung lebih bisa memproses olahan susu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...