Pesawat British Airways Ditabrak Drone di Bandara London

Pesawat British Airways Ditabrak Drone di Bandara London

WinNetNews.com - Pesawat British Airways dilaporkan ditabrak sebuah drone saat akan mendarat di Bandara Heathrow, London, Inggris. Pilot pesawat menyakini ada drone yang menabrak bagian depan pesawat yang dikemudikannya.

"Seorang pilot pada penerbangan dari Jenewa ke Bandara Heathrow melaporkan kepada polisi bahwa ada drone yang menabrak pesawatnya," ujar juru bicara Kepolisian London seperti ditulis AFP, Minggu (17/4/2016).

Pesawat berjenis Airbus A320 membawa 132 penumpang dan lima kru. Pesawat tersebut sedang menuju terminal lima Bandara Heathrow saat insiden terjadi.

Juru bicara British Airways mengatakan, pesawat itu langsung diperiksa dan dibersihkan setelah mendarat. Pesawat pun sudah siap untuk kembali terbang.

"Keselamatan dan keamanan selalu menjadi prioritas pertama kami. Kami akan memberikan bantuan kepada polisi dalam melakukan penyelidikan," tuturnya.

The UK Airprox Board, agen keselamatan udara Inggris mengatakan sampai bulan lalu ada setidaknya 23 kejadian yang melibatkan drone dan pesawat yang terjadi dalam kurun waktu 6 bulan, sejak April dan Oktober tahun lalu.

Dalam sebuah insiden pada 22 September dilaporkan bahwa pesawat Boeing 777 berjarak sangat dekat dengan drone saat lepas landas. Investigator menyimpulkan bahwa saat itu drone terbang dengan ketinggian yang sama dengan pesawat dan hanya berjarak 25 meter.

disadur dari situs detik news