Pesawat Ethiopia yang Langgar Wilayah Indonesia Masih Tertahan di Batam

Rusmanto
Rusmanto

Pesawat Ethiopia yang Langgar Wilayah Indonesia Masih Tertahan di Batam ilustrasi

WinNetNews.com - Sebanyak 6 orang awak pesawat asal Ethiopia menjalani pemeriksaan intensif oleh petugas keamanan (Avsec) bandara Internasional Hang Nadim, Batam dan TNI AU. Kapal tersebut juga diperiksa barang-barang bawaannya.

"Pemeriksaan pesawat jenis Boeing B-777 milik Ethiopia ini dilakukan pada pilot, co pilot dan 4 awak kabin," ucap Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Batam, Suwarso, Senin (14/1/2019).

Selain melakukan pemeriksaan terhadap awak pesawat. Tim Bea Cukai juga melakukan pemeriksaan terhadap kargo pesawat.

"Sejauh ini baru hasil muatan kargo yang diangkut tidak ada masalah atau barang berbahaya di pesawat asing tersebut," kata Suwarso.

Pesawat bernomor lambung ET-AVN ini diketahui berangkat dari Addis Ababa menuju Hongkong dengan pilot berkewarganegaraan Ethiopia. Pesawat ini melintas di udara Indonesia sekitar pukul 09.32 WIB dan langsung dipaksa F-16 TNI AU untuk mendarat di Batam.

Dari 6 awak pesawat, 5 awak pesawat diketahui bernama Fitsum Seleshi Belachew, Teklu Melese Zurgi, Tekalign Serbesa Dabi, Abraham Mesele Tegegne dan John Richard Bexfield asal Kanada. Sedangkan 1 lagi belum diketahui identitasnya.

"Hingga kini pesawat masih berada di avron bandara Hang Nadim sampai menunggu keputusan dan izin dari markas besar TNI AU," tutup Suwarso.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "6 Awak Pesawat Ethiopia Masih Diperiksa di Batam"

Apa Reaksi Kamu?