Pesawat Telepon yang Pernah Digunakan Hitler Dilelang Laku Rp3.24M
ilustrasi

Pesawat Telepon yang Pernah Digunakan Hitler Dilelang Laku Rp3.24M

Selasa, 21 Feb 2017 | 09:04 | Rusmanto

WinNetNews.com - Telepon milik pemimpin partai Nazi, Adolf Hitler, terjual senilai 243.000 dollar AS atau setara Rp 3,24 miliar. Penjualan dilakukan dengan mekanisme pelelangan via telepon.

Menurut lembaga pelelangan Alexander Historical Auctions, angka penawaran mula-mula dibuka 100.000 dollar AS atau senilai Rp 1,3 miliar.

Seseorang kemudian berani menawar dengan harga tertinggi sehingga tak mampu dilawan kandidat lain. Alexander Historical Auctions enggan mengumbar identitas pemenang lelang tersebut.

Tak jelas mengapa sang pemenang lelang begitu menginginkan benda inventaris dari salah satu tokoh otoriter paling kejam sepanjang masa. Yang jelas, telepon itu berperan penting dalam momentum-momentum bersejarah di Jerman puluhan tahun silam.

Telepon tersebut berwarna merah dan mematrikan simbol Partai Nazi. Nama Hitler juga terukir di bagian belakang telepon. Hitler membawa telepon itu ke beberapa lokasi untuk melakukan panggilan, semisal di markas Nazi dan kereta.

Telepon itu pertama kali ditemukan oleh petugas militer Rusia yang menduduki Jerman. Mereka kemudian menyerahkannya ke petinggi militer Inggris, Sir Ralph Rayner saat berkunjung ke bunker Hitler di Berlin, Jerman.

image0

Telepon Hitler lalu dijual anak Rayner ke lembaga pelelangan. Terakhir, telepon tersebut menjadi milik seseorang yang tak diketahui identitiasnya.

Sebelumnya, porselen milik Hitler juga terjual lewat pelelangan dengan harga 24.300 dollar AS atau senilai Rp 324 jutaan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...