Petunjuk Penyelamatan Diri Saat Terjadi Gempa
ilustrasi

Petunjuk Penyelamatan Diri Saat Terjadi Gempa

Rabu, 8 Jul 2020 | 07:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia dan juga di beberapa negara lain. Di Indonesia gempa sering terjadi karena negara ini terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu lempeng Australia, Eurasia, dan Pasifik. Selain itu gempa bumi juga bisa disebabkan oleh aktivitas gunung berapi dan jatuhnya bebatuan.

Apabila kita mengingat pada peristiwa gempa berkekuatan 5,9 skala richter di Yogyakarta pada 22 Mei 2007, kita pasti akan mengingat apa yang terjadi di sana. Sebanyak 5.778 orang meninggal dunia, 37.883 orang mengalami luka-luka dan lebih dari 600.000 rumah rusak. Sebanyak 2.111.872 orang di sembilan kabupaten terpaksa mengungsi akibat rumah tinggal mereka hancur karena gempa.

Dari peristiwa gempa bumi yang melanda Yogyakarta, kita dapat menyadari bahwa betapa mengerikannya gempa bumi. Oleh karena itu mari kita perhatikan beberapa informasi penting dari Palang Merah Indonesia (PMI) mengenai apa yang harus dilakukan untuk menghadapi gempa bumi!

Persiapan sebelum terjadi gempa bumi

Anda dapat melakukan kesiap-siagaan sebelum bencana gempa bumi tiba, seperti:

  • Mengenali daerah sekitar tempat tinggal Anda (apakah termasuk rawan gempa atau tidak).
  • Ketika masuk ke sebuah gedung atau bangunan, perhatikan di mana letak pintu keluar, tangga darurat, atau cara-cara untuk mengeluarkan diri jika sewaktu-waktu harus menyelamatkan diri.
  • Di dalam ruangan tempat Anda berdiam, perhatikan tempat-tempat yang aman untuk berlindung ketika gempa terjadi.
  • Perhatikan juga tempat yang berbahaya jika gempa terjadi, seperti di dekat kaca, tiang atau pilar, lemari, dan lain-lain.
  • Catat dan simpan nomor-nomor telepon penting yang harus dihubungi saat gempa terjadi seperti PMI, rumah sakit, pemadam kebakaran, polisi, dan lain-lain.
  • Matikan kran air, kompor, gas, dan listrik jika selesai digunakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...