Skip to main content

PGN Kembangkan Infrastruktur Gas Bumi di Jatim

PGN Kembangkan Infrastruktur Gas Bumi di Jatim
PGN Kembangkan Infrastruktur Gas Bumi di Jatim

Saat ini PGN Regional Distribusi II tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur gas bumi ke wilayah-wilayah baru di Jawa Timur sepanjang 72 kilometer.

Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup menyatakan bahwa pembangunan pipa baru sepanjang 72 kilometer itu akan menambah pipa eksisting PGN di wilayah Jawa Timur yang panjangnya 829 kilometer.

Pembangunan pipa baru di Jawa Timur sepanjang 72 kilometer itu terdiri dari 3 jalur jaringan distribusi gas bumi dan berada di 2 wilayah. Rinciannya adalah jalur Kejayan - Purwosari (15 km) berlokasi di Area Pasuruan, jalur Kalisogo-Waru (30 km) berlokasi di Area Sidoarjo dan jalur Jetis Ploso (27 km) berlokasi di Area Sidoarjo.

Sedangkan untuk Jalur Jetis-Ploso, pencapaian pekerjaan sampai dengan akhir bulan Juni sebesar 37%. Jalur ini nantinya siap untuk melayani kebutuhan industri di sekitar wilayah tersebut seperti industri pakan, food beverage, keramik dan kawasan industri baru.

Adapun pipanisasi jalur Kalisogo Waru berfungsi untuk meningkatkan kehandalan jaringan. Hal ini juga sejalan dengan komitmen PGN dalam menjaga faktor keselamatan dalam pengoperasian pipa gas bumi. Ke depan pembangunan jaringan pipa akan dilengkapi juga dengan fasilitas Offtake Station di daerah Pasuruan untuk semakin meningkatkan kehandalan jaringan di wilayah Jawa Timur.

Saat ini PGN Regional Distribution II (Jawa Timur Jawa Tengah) telah melayani 9 kawasan industri dengan jumlah pelanggan industri sebanyak lebih dari 118 pelanggan.

Adapun konsumi gas bumi untuk 9 kawasan tersebut mencapai 28 juta kaki kubik per hari dengan efisiensi biaya energi sebesar Rp 2,06 triliun per tahun dibandingan dengan penggunaan bahan bakar minyak seperti minyak solar. (jk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top