Philips Dukung Palang Merah Indonesia Menanggulangi COVID-19
Foto: Philips Indonesia

Philips Dukung Palang Merah Indonesia Menanggulangi COVID-19

Selasa, 24 Nov 2020 | 09:58 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Meredam dan mendeteksi dini gejala Covid-19 merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Terkait hal ini Philips Foundation dan Philips Indonesia menyerahkan 2.000 unit alat rapid test dan 150 PCR test kit, dan enam perangkat USG berbasis aplikasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

PMI diketahui akan mendistribusikan 1,700 unit alat rapid test bagi umum, 300 unit alat rapid test dan 150 PCR test kit untuk relawan PMI di zona merah Jakarta. Sementara itu, enam unit perangkat USG akan dibagikan kepada tenaga medis di sejumlah Rumah Sakit di zona merah dalam mendiagnosis pasien terduga Covid-19.

“Prinsip 3T (testing, tracing, dan treatment) jangan sampai kendur. Maka dari itu bantuan ini sangat menunjang aksi atau operasi penanganan COVID-19 di lapangan. Semoga bantuan ini juga dapat menjaga nyala atau semangat para dokter, tenaga medis dan relawan dalam menjalankan tugas kemanusiaan,” ujar Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla dalam siaran pers.

Dukungan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia, terutama yang berada di zona merah.

“Deteksi dini COVID-19 menggunakan teknologi ultrasonografi memungkinkan untuk merawat pasien lebih cepat, yang merupakan kunci keselamatan,” jelas Margot Cooijmans, Direktur Philips Foundation.

Ultrasonografi bermanfaat dalam pencitraan jaringan perifer di paru-paru akibat pneumonia yang mempunyai kaitan erat dengan pasien COVID-19.

Nantinya PMI akan membuka posko untuk mengadakan rapid test di area yang menjadi pusat berkumpulnya orang seperti stasiun kereta dan MRT, pasar tradisional, dan beberapa area komersil lainnya di Jakarta. Sedangkan enam unit USG akan didistribusikan ke Rumah Sakit rujukan COVID-19, di antaranya RS PMI Bogor, RS PMI Lhokseumawe Aceh Utara, RS Islam Siti Hajar Sidoarjo, dan RS Islam Faisal Makassar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...