Piala AFF U-22: Skenario Lolos atau Tidaknya Garuda Muda ke Semifinal

Daniel
Daniel

Piala AFF U-22: Skenario Lolos atau Tidaknya Garuda Muda ke Semifinal Foto: Tribun

Winnetnews.com - Timnas Indonesia U-22 menjalani partai hidup-mati hari ini melawan Kamboja. Demi bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-22, ada beberapa skenario yang dapat memengaruhi nasib Garuda Muda. Apa sajakah skenario tersebut?

Sebelumnya sebagai pengingat, pasukan Indra Sjafri sejauh ini baru memiliki dua poin hasil dari dua kali bermain imbang melawan Myanmar dan Malaysia. Timnas berada di posisi dua klasemen sementara, di bawah Kamboja yang memiliki poin enam, dan di atas Malaysia dan Myanmar yang sama-sama memiliki satu poin.

Skenario pertama, jika nanti Indonesia menang atas Kamboja, tambahan tiga poin akan membuat perolehan poin Gian Zola dan kolega menjadi lima. Hal tersebut membuat satu tiket semifinal otomatis menjadi milik Indonesia, tidak peduli hasil dari laga Myanmar melawan Malaysia.

Skenario kedua, jika laga nanti berakhir dengan hasil imbang Garuda Muda masih bisa lolos ke babak semifinal asalkan laga Myanmar melawan Malaysia juga berakhir imbang. Indonesia akan mengoleksi tiga poin dan mengamankan posisi runner up, sementara Myanmar dan Malaysia hanya mengumpulkan dua poin saja.

Lalu apakah ada skenario yang bisa menyebabkan Timnas gagal lolos? Tentu saja ada. Skenario pertama adalah jika Indonesia nanti kalah melawan Kamboja, dan salah satu dari Myanmar atau Malaysia menang. Maka dipastikan Indonesia akan hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir.

Lalu skenario kedua yang bisa membuat Indonesia gagal lolos yakni jika pasukan Indra Sjafri hanya bermain imbang melawan Kamboja. Namun di saat bersamaan, ada pemenang di antara Myanmar atau Malaysia. Indonesia hanya mengoleksi tiga poin, sementara Myanmar atau Malaysia akan memiliki poin empat yang otomatis menggusur posisi Skuad Merah Putih ke posisi ketiga.

Apa Reaksi Kamu?