Piala Dunia 2018 Sebentar Lagi Tapi Masih Tersisa 22 Slot Negara

Piala Dunia 2018 Sebentar Lagi Tapi Masih Tersisa 22 Slot Negara Gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia/Foto: Fifa

WinNetNews.com – Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia akan diikuti 32 negara. Saat ini sudah ada 10 negara yang dipastikan tampil di putaran final. Siapa saja?

Selain tuan rumah Rusia, negara yang sudah memastikan lolos ialah Brasil, Iran, Jepang, Meksiko, Belgia, Korea Selatan, Arab Saudi, Jerman dan Inggris. Hal itu berarti masih ada 22 slot tersisa.

Pada dini hari dan esok pagi, setidaknya ada empat negara yang berpeluang mengikuti negara-negara di atas. Mereka ialah Spanyol, Serbia, Panama dan Kosta Rika.

Spanyol akan lolos otomatis jika mengalahkan Albania, serta di saat yang bersamaan Italia gagal menang dari Makedonia. Sementara Serbia akan melaju, asalkan menang di markas Austria.

Untuk Panama, mereka akan mentas di babak utama jika mengalahkan Amerika Serikat. Tapi, mereka masih bergantung terhadap hasil yang diterima Honduras atas Kosta Rika. Jika Kosta Rika menang, Panama akan lolos. Kosta Rika pun hanya butuh hasil imbang untuk menemani Meksiko yang lebih dulu mewakili Zona Concacaf di Piala Dunia 2018.

Nantinya, 32 negara peserta Piala Dunia 2018 baru akan ditemukan pada 14 November 2017. Pada momen itu, seluruh pertandingan kualifikasi atau playoff telah selesai diselenggarakan.

Ironisnya, beberapa negara kuat justru berada di ujung tanduk. Negara-negara yang rutin tampil di Piala Dunia seperti Belanda, Italia, Argentina hingga Amerika Serikat berada dalam posisi yang tidak aman untuk tampil di turnamen empat tahunan itu.