Piala Eropa 2016 Prancis : Belanda Gagal Lolos Usai Takluk Dari Ceko

Yudha Raditya
Yudha Raditya

Piala Eropa 2016 Prancis : Belanda Gagal Lolos Usai Takluk Dari Ceko
WinNetNews.com - Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Belanda usai menjalanin laga terakhirnya melawan Ceko, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB, berakhir dengan kekalahan 2-3, dengan hasil itu De Oranje hanya finis di posisi empat klasemen Grup A babak kualifikasi. Mereka kalah bersaing dengan Republik Ceko, Islandia, dan Turki.

Pasukan Danny Blind tampil buruk sepanjang babak kualifikasi dengan hanya mampu membukukan 13 poin dari 10 laga. Kegagalan Belanda ini membuat mereka sudah enam kali absen di putaran final Piala Eropa sejak diadakan tahun 1960. Pada edisi perdana, Belanda tidak ikut serta. Sedang di tiga edisi berikutnya mereka gagal lolos ke putaran final.

Terakhir kali Belanda tak lolos ke putaran final adalah di tahun 1984. Yang menarik, Prancis seperti menjadi kutukan bagi Belanda. Setiap kali Prancis jadi tuan rumah Piala Eropa maka Belanda selalu tidak ikut berpartisipasi.

Sama seperti tahun 1960 dan 1984, Prancis juga akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016.

Hasil mengecewakan ini jadi pukulan telak bagi sepakbola Belanda. Mereka tak pernah absen ikut kompetisi bergengsi sejak Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});