Pierre Omidyar, Miliarder Sederhana Pendiri eBay

Pierre Omidyar, Miliarder Sederhana Pendiri eBay

Jumat, 22 Jan 2016 | 11:40 | Rusmanto
WinNetNews.com - Didirikan pada 1995 dan dikenal sebagai e-Commerce terbesar di Amerika Serika (AS), eBay bisa dibilang menjadi salah satu pelopor e-Commerce pada masanya.

Kini, perusahaan tersebut dikabarkan siap mengekspansi pasar Indonesia dan telah membuka lowongan pekerjaan yang akan ditempatkan di Jakarta.

Sepak terjang eBay di industri e-Commerce begitu dinamis. Meski begitu, semua tak berjalan dengan mulus tanpa tangan dingin Pierre Omidyar, sang pendiri eBay.

Omidyar lahir di Paris pada 21 Juni 1967. Orang tuanya merupakan imigran asal Iran yang dikirim ke Prancis untuk berkuliah. Omidyar sendiri hidup berkecukupan. Ayahnya bekerja sebagai dokter dan ibunya memiliki profesi akademisi. Saat Omidyar masih kecil, mereka pindah ke AS. Sayang, orang tuanya bercerai pada saat itu.

Beranjak remaja, Omidyar tertarik pada dunia komputer. Ia menekuni studi tersebut dan meraih gelar sarjana Ilmu Komputer dari Tufts University . Setelah lulus, ia sempat bekerja di beberapa perusahaan teknologi yang berlokasi di Silicon Valley .

Di situ, Omidyar tertarik akan idenya untuk melelang sebuah barang secara online di September 1995. Tercetuslah Auction Web , yang kemudian berganti nama menjadi eBay .

Beruntung, eBay akhirnya mendarat di bursa saham dan membuat Omidyar menjadi miliarder paling muda, yang pada saat itu berusia 31 tahun. Sekarang, pria tersebut masih masuk ke daftar orang terkaya AS dengan jumlah harta US$ 7,5 miliar atau setara dengan Rp 104 triliun.

 

Omidyar sendiri dikenal sebagai sosok sederhana yang pemalu dan jarang diberitakan di media. Ia mengakui, lebih memilih bekerja 'di balik layar'.

"Saya bukan tipikal CEO seperti Steve Jobs atau Bill Gates. Saya seorang visioner. Saya membangun perusahaan ini sampai ke titik tertentu. Jika sukses, barulah saya bawa ke jenjang yang lebih profesional," katanya.

Pada 1998, Omidyar akhirnya menunjuk Meg Whitman sebagai CEO eBay. Whitman yang kini menjabat sebagai CEO Hewlett Packard, dulu dinilai Omidyar telaten dan mampu membawa eBay ke puncak kesuksesan.

"Saya di belakang layar hanya memberi saran dan ide kepada Meg. Sementara kemudi ia yang pimpin," tandas Omidyar.

Saat ini, Omidyar tinggal di Nevada bersama istrinya, Pamela, dan telah mempunyai tiga anak. Ia memiliki satu rumah, satu tempat tinggal mewah lainnya dilaporkan berada di Hawaii.

Omidyar bersama istrinya membangun yayasan amal Omidyar Network. Yayasan tersebut telah menyumbangkan dana ratusan juta dolar untuk organisasi nirlaba demi meningkatkan taraf kehidupan manusia.

disadur dari situs liputan6

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...