Pihak Jessica Merasa Tidak Adil, Hakim Binsar dilaporkan ke KY

Pihak Jessica Merasa Tidak Adil, Hakim Binsar dilaporkan ke KY

Kamis, 11 Agt 2016 | 21:51 | Rike
WinNetNews.com-Kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, Hidayat Boestam mendatangi Komisi Yudisial (KY). Kedatangan Hidayat Boestam untuk melaporkan Hakim Anggota Binsar Gultom yang menyidangkan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin ke KY.

Laporan dilakukan karena Hakim Binsar dianggap tak objektif dan cenderung tidak adil dalam menyidangkan kasus yang menjerat kliennya. "Beliau itu telah bertindak tidak adil memihak dan melanggar azas praduga tak bersalah dan diduga melanggar kode etik hakim," ucap Hidayat kepada wartawan, Kamis (11/8/2016).Hidayat menjelaskan, dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Hakim Binsar yaitu seperti menyudutkan para saksi yang sudah dihadirkan persidangan.

"Antara lain berbicara kasar dan menghina penasihat hukum, mengarahkan saksi-saksi, melanggar hukum acara, menyatakan pendapatnya secara terbuka tentang fakta persidangan yang sedang berjalan, sehingga dapat merugikan klien kami terdakwa Jessica Kumala Wongso," terangnya.

Dia merasa selain itu hakim dianggap cenderung cepat menyimpulkan pendapatnya sendiri. Padahal, perjalanan persidangan masih panjang. Pihaknya pun sangat keberatan dengan pemeriksaan ahli. Sementara masih banyak saksi-saksi fakta yang belum dihadirkan di persidangan.

Pihak Jessica pun meminta kepada Komisioner KY memeriksa Hakim Binsar. "Justru itu hakim jangan berikan suatu kesimpulan, pendapat. Dia menggali. Kami keberatan, keterangan saksi fakta dulu yang harus diperiksa baru saksi ahli," tandasnya.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...