Pikap China `Mejeng` di AS, Pertanda Ekspansi?

Pikap China `Mejeng` di AS, Pertanda Ekspansi?

Columbus - Seorang pembaca media otomotif bernama Brett Borgan menemukan pikap Foton Tunland produksi Tiongkok di Columbus, Amerika Serikat (AS). Ini cukup aneh, mengingat Foton tidak dijual di negara tersebut.

Lantas, apakah pabrikan otomotif China tersebut sudah mulai berekspansi ke AS?

Laman Carscoops punya jawabannya sendiri. Menurut mereka, pikap tersebut bukan pertanda industri otomotif Tiongkok mulai berjualan di AS, melainkan berkaitan dengan kerja sama salah satu perusahaan AS dengan Foton.

Menurut mereka, salah satu perusahaan AS yang bergerak di industri kelistrikan, Cummins, bekerja sama dengan Foton dengan menyediakan mesin berkapasitas 2,8 liter. Jadi, kemungkinan besar pikap tersebut ada di AS berkaitan dengan uji mesin.

Ada sentimen yang cukup kuat di kalangan industri otomotif AS kepada pabrikan Tiongkok. Pasalnya, mereka merasa diperlakukan tidak adil oleh negara tersebut.

Dengan kebijakan seperti bea masuk yang tinggi, industri otomotif AS sulit menembus pasar Tiongkok, sementara pabrikan Tiongkok sendiri relatif mudah jika ingin masuk ke AS karena tidak adanya halangan serupa.

Baru-baru ini, keluhan tersebut disampaikan oleh Tesla Motors, pabrikan mobil listrik berbasis di California. Mereka bahkan meminta Barack Obama untuk melunakkan kebijakan Tiongok saat kunjungan luar negerinya bulan depan.

Adapun Foton Tunland secara resmi dijual di Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, pulau-pulau tetangga, serta beberapa pasar negara berkembang lainnya.