Pilek Terus Menerus, Mungkin Ini Penyebabnya
ilustrasi

Pilek Terus Menerus, Mungkin Ini Penyebabnya

Rabu, 24 Jul 2019 | 15:45 | Rusmanto
Winnetnews.com - Hidung berair dan terus bersin, pasti membuat Anda kewalahan. Anda perlu menyekanya dari tisu atau membersihkannya ke kamar mandi. Meskipun sudah minum obat pilek, tubuh Anda tidak juga pulih. Sebenarnya, apa yang menyebabkan pilek yang Anda alami tidak kunjung sembuh?

Penyebab pilek tidak kunjung sembuh

Pilek memang umum terjadi dan cukup mudah diobati. Anda bisa kembali pulih dengan minum obat pilek yang dibeli di toko, perbanyak minum air putih, dan beristirahat. Bila Anda sudah melakukan hal tersebut, pilek masih juga terjadi, Anda perlu mencurigai masalah kesehatan lain.

Untuk tahu penyebabnya dengan pasti, periksa kesehatan Anda ke dokter dengan mengunjungi dokter spesialis THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Terdapat beberapa masalah kesehatan lain yang mungkin menyebabkan Anda terus pilek, seperti:

1. Alergi

Tahukah Anda jika alergi memunculkan gejala yang sekilas mirip dengan pilek? Ya, ini bisa menjadi penyebab kenapa pilek Anda tidak juga kunjung sembuh.

Gejalanya meliputi hidung berair (atau bisa juga tersumbat), hidung terasa gatal sehingga terus bersin, serta batuk. Meskipun gejalanya hampir sama, pilek dapat disembuhkan sementara alergi tidak.

Orang dengan alergi, akan memiliki penyakit ini sepanjang hidupnya. Itu artinya, jika orang tersebut terpapar alergen (zat penyebab alergi), gejalanya akan terus muncul. Gejalanya tidak akan hilang meski sudah minum obat pilek. Satu-satunya cara meringankan gejala adalah dengan menghindari pemicunya.

Ketimbang makanan, gejala yang mengganggu saluran pernapasan tersebut lebih mengarah pada alergi musiman (rhinitis alergi). Biasanya, pemicunya adalah jamur, debu, tungau, bulu binatang, atau serbuk bunga.

2. Rhinitis non-alergi

image0

Selain alergi musiman, ternyata beberapa orang juga bisa bereaksi dengan beberapa zat iritan yang tidak diketahui. Kondisi ini disebut dengan rhinitis non-alergi dan dapat menyebabkan pilek yang terjadi terus-menerus.

Walaupun begitu, biasanya orang dengan kondisi ini akan bereaksi ketika terpapar asap, parfum, bahan kimia rumah tangga, rokok, atau lateks. Jika tidak diobati, rhinitis non-alergi juga bisa menyebabkan komplikasi, seperti sinus atau asma.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...