Pilih Susu Sapi atau Susu Kedelai?
ilustrasi

Pilih Susu Sapi atau Susu Kedelai?

Jumat, 10 Apr 2020 | 17:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Setiap jenis susu memiliki keunggulan dan kekurangan, tergantung pola makan, selera, kesehatan, dan tentunya kebutuhan nutrisi Anda. Begitu pula halnya dengan susu sapi dan susu kedelai.

Guna menentukan mana yang lebih unggul, Anda perlu mencermati dan membandingkan kandungan nutrisi keduanya terlebih dulu.

Sebagai jenis susu yang paling umum dikonsumsi, susu sapi identik dengan kandungan nutrisi yang beragam. Akan tetapi, nutrisi pada susu sapi sebenarnya juga terkandung dalam susu alternatif berbahan kedelai. Jika demikian, mana dari kedua jenis susu ini yang lebih kaya kandungan nutrisinya?

Perbandingan nutrisi susu sapi dan susu kedelai

image0

Susu sapi adalah hasil produksi langsung dari hewan sehingga komposisi nutrisinya kompleks dan mengandung setiap jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, susu kedelai mengandung berbagai zat gizi nabati dengan beragam manfaat bagi kesehatan.

Berikut perbedaan nutrisi susu sapi dan susu kedelai berdasarkan jumlah dan jenisnya.

1. Energi

Susu merupakan salah satu sumber energi terbaik bagi tubuh. Energi pada susu sapi dan kedelai berasal dari kandungan protein, karbohidrat, dan lemak. Pengecualian ada pada susu skim yang hampir tidak mengandung lemak sama sekali.

Segelas susu sapi whole milk (244 mL) mengandung sekitar 146 kkal energi. Susu sapi rendah kalori mengandung 102 kkal energi. Sementara itu, susu skim yang kandungan lemaknya paling sedikit hanya memberikan tubuh Anda energi sebanyak 83 kkal.

Kalori pada susu kedelai lebih rendah dibandingkan susu hewani. Segelas susu kedelai (200 mL) mengandung 80-100 kkal energi sehingga cocok bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

2. Karbohidrat

Susu sapi mengandung karbohidrat dengan jumlah yang berbeda tergantung jenisnya. Segelas susu murni (whole milk) mengandung 11 gram karbohidrat. Sementara susu rendah lemak dan susu skim mengandung karbohidrat lebih tinggi, yakni 12 gram.

Karbohidrat pada susu kedelai lebih sedikit daripada susu sapi. Pasalnya, produk ini tidak memiliki laktosa, yakni karbohidrat yang ada pada susu sapi. Segelas susu kedelai mengandung 8 gram karbohidrat, tapi karbohidrat pada susu kedelai dengan gula tambahan biasanya lebih tinggi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...