Pilkada DKI, Ridwan Kamil Mengaku Dilobi Tiga Partai Besar

Pilkada DKI, Ridwan Kamil Mengaku Dilobi Tiga Partai Besar

Sabtu, 23 Jan 2016 | 18:30 | kontri
WinNetNews.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku telah dihubungi tiga partai besar untuk maju sebagai calon dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017. "Hanya memberi sinyal, tapi ya menghubungi juga sih," ujar dia di rumah dinasnya, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 22 Januari 2016.

Tiga partai itu santer disebut melobi Ridwan agar ikut kompetisi calon Gubernur DKI Jakarta, yaitu Partai Gerindra, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Keadilan Sejahtera. Partai Gerindra bahkan dikatakan sudah meminta Ridwan Kamil mengikuti seleksi dan penjaringan bakal calon.

"Saya lihat jadwal dulu, kan enggak harus datang secara fisik, bisa via telepon. Kan saya juga ada urusan kedinasan yang menjadi prioritas," ucapnya. Ridwan sendiri sebelumnya tak bisa menghadiri undangan penjaringan Partai Gerindra pada 15 Januari lalu. Ia tak hadir lantaran berbarengan dengan ibadah umrah.

Bukan Partai Gerindra saja, PDIP dan PKS pun berniat mendorong Ridwan maju sebagai calon penantang Gubernur DKI, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. "Ada berapanya, enggak bisa saya sampaikan," tuturnya.

Partai-partai politik di DKI Jakarta sudah bersiap menjaring kandidat calon Gubernur DKI untuk pemilihan 2017. Partai Gerindra sudah menyiapkan sedikitnya tujuh kandidat dalam penjaringan yang kembali digelar pada 27 Januari 2016. Satu di antara kandidat itu adalah Ridwan Kamil.

Sejumlah kandidat lain mulai dimunculkan partai lain, seperti PDIP. Selain Ridwan, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, pada 11 Januari lalu, mengatakan partainya telah menerima masukan beberapa nama calon. "Ada masukan nama seperti Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama, Tri Rismaharini, Djarot Saiful Hidayat, dan Boy Sadikin," ujarnya di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Namun Risma menyatakan belum mau ikut berkompetisi di Jakarta lantaran baru terpilih di Surabaya. Sedangkan Ahok menyatakan siap maju dari partai mana pun, bahkan jika harus melalui jalur independen.

(dilansir dari metro,tempo)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...