Pinggang Terasa Sakit? Coba Konsumsi Buah Berikut untuk Redakannya
ilustrasi

Pinggang Terasa Sakit? Coba Konsumsi Buah Berikut untuk Redakannya

Minggu, 29 Mar 2020 | 12:37 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ketika sakit pinggang melanda, rasanya pasti sangat mengganggu. Apalagi jika gejala nyerinya sampai membuat Anda sulit bergerak dan beraktivitas bebas. Nah selain minum obat pereda nyeri pinggang, ada baiknya Anda juga menjaga kesehatan otot dan persendian dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Psstt.. tujuh buah ini bisa Anda konsumsi sebagai camilan untuk bantu meredakan sakit pinggang dan punggung bawah, lho!

Macam-macam buah untuk meredakan sakit pinggang

Buah adalah salah satu jenis makanan yang menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Makan buah tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin harian, tapi juga dapat mengatasi nyeri.

Buah memang bukan obat penyembuh. Namun, mengutip Everyday Health, khususnya buah berwarna terang diperkaya dengan kandungan antiradang yang tinggi sehingga mampu meringankan peradangan yang memicu nyeri.

Berikut beberapa pilihan buah lezat yang bisa Anda jadikan camilan sore untuk meringankan sakit pinggang dan punggung bawah:

1. Buah bit

Buah bit yang berwarna merah keunguan kaya akan antioksidan bernama betalain. Betalain dilaporkan berfungsi melawan proses peradangan dalam tubuh yang muncul sebagai respon dari cedera atau adanya infeksi.

Manfaat buah bit pun telah terbukti manjur oleh beberapa penelitian untuk mengurangi peradangan kronis yang memicu gejala arthritis (radang sendi), sakit pinggang, serta osteoporosis.

2. Ceri

Buah ceri populer digunakan untuk mempercantik kue. Namun, buah merah bulat yang rasanya manis ini ternyata bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang, lho!

Ceri dilaporkan tinggi akan kandungan antioksidan bernama anthocyanin yang dapat memperlambat proses peradangan di dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, kandungan antioksidan ceri tampak mampu meredakan peradangan pada otot dan persendian lutut akibat osteoarthritis. Maka, bukan tidak mungkin jika buah ini juga sama ampuhnya untuk meringankan sakit pinggang.

3. Stroberi

Buah stroberi yang juga berwarna merah menyala pun sama-sama diperkaya oleh antioksidan dan nutrisi penting lainnya untuk meredakan sakit pinggang.

Sebuah penelitian terbitan jurnal Nutritions tahun 2017 melaporkan bahwa asupan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dalam stroberi secara drastis meringankan rasa sakit, peradangan, dan kualitas hidup keseluruhan pada orang dewasa yang mengidap nyeri kronis.

Selain itu, buah ini pun tinggi serat dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan sel dan struktur persendian tubuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...