Pintu Perlintasan Kereta di Tanjung Barat Hendak Ditutup, Ini Jalur Alternatif Sementaranya
Pintu perlintasan kereta api di Tanjung Barat/Foto: Zool WNN

Pintu Perlintasan Kereta di Tanjung Barat Hendak Ditutup, Ini Jalur Alternatif Sementaranya

Minggu, 7 Mei 2017 | 12:09 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Beredar kabar yang kini jadi perbincangan oleh para pengguna jalan. Informasi itu menyatakan bahwa pintu perlintasan kereta api di Tanjung Barat rencananya akan ditutup pada Senin (15/05/2017). Jalur alternatif sedang disiapkan pemerintah apabila jalur tersebut benar ditutup.

"Tanggal 15 Mei, jalan alternatifnya sih memang belum siap, karena pengalihan arusnya juga belum siap," kata Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto, Minggu (07/05/2017).

Rencana penutupan itu, tambah Christianto, merupakan rencana lama untuk mensterilisasi perlintasan sebidang yang ada di Jakarta. Selain itu, dengan adanya penutupan perlintasan sebidang kereta api ini juga untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang kerapkali terjadi di lokasi perlintasan. Penutupan ini juga diharapkan dapat meningkatkan frekuensi melintas kereta api sehingga banyak lebih banyak lagi penumpang yang bisa diangkut.

"Ya UU memerintahkan demikian, perlintasan itu tidak boleh sebidang, tidak boleh berhimpitan, harus atas atau di bawah, jadi nggak ada yang halangi. Salah satunya adalah potensi kecelakaan," tambah Christianto.

Jika memang benar terjadi penutupan di area pintu perlintasan Tanjung Barat, diperkirakan ada beberapa rute alternatif yang bisa digunakan oleh pengguna jalan.

Pengguna jalan raya yang datang dari arah Depok menuju Pasar Rebo bisa berputar di depan Kementerian Pertanian, kemudian naik flyover. Selain itu, jalan putar balik juga akan diberlakukan di Poltangan dan terakhir pengendara juga bisa berputar di depan supermarket Robinson, Pasar Minggu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...