Skip to main content

Pisang Cocol Sambal Roa, Kuliner Unik dari Manado

Pisang Cocol Sambal Roa, Kuliner Unik dari Manado
Pisang Cocol Sambal Roa, Kuliner Unik dari Manado

Jika liburan ke manado, kamu harus coba goroho. Pisang goreng kipas yang dimakan dengan sambal roa. Seperti apa rasanya ya?

Manado memang jadi salah satu kota yang kaya dengan wisata kuliner. Salah satu yang unik namanya goroho. Dalam bahasa Manado, goroho sendiri merupakan sejenis pisang.

Pisang goroho memiliki tekstur legit seperti pisang kepok. Bedanya, rasanya tidak terlalu manis alias gurih. Nah, pisang ini biasanya dipotong sehingga membentuk seperti kipas.

Setelah itu, pisang dilumuri adonan terigu dan kemudian digoreng. Tak dimakan langsung begitu saja. Di sinilah uniknya.

Pisang goreng ini dimakan dengan dicocol sambal. Sambalnya pun yang khas Manado yaitu sambal ikan roa. Lalu, apa rasanya?

Mengejutkan, rasanya enak dan bikin nagih. Sedikit rasa manis bercampur dengan sambal yang gurih dan pedas. Disempurnakan dengan tekstur pisang yang legit dan terigu yang garing. Mantap!

Sekali mencoba, rasanya tak cukup hanya makan sekali. Pasti ingin lagi dan lagi.

Pisang goroho bisa ditemui di seluruh penjuru Manado. Mulai dari warung tepi jalan hingga restoran biasanya menyediakan menu yang satu ini.

Pada umumnya, satu pisang dihargai Rp 2.000 dan sambalnya sudah disediakan di meja. Tapi harga bisa lebih mahal jika kamu memesan di tempat makan atau restoran. Berani menjajal?

image0 image1 image2

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top