PKL Tanah Abang Jadi Direlokasi
Sumber : Istimewa

PKL Tanah Abang Jadi Direlokasi

Rabu, 7 Mar 2018 | 15:25 | Oky

Winnetnews.com - KEBIJAKAN yang terkait dengan penempatan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, akan segera diubah.

Pascarencana membuka kembali jalan tersebut yang disampaikan beberapa hari lalu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan merelokasi PKL.

“Mohon doanya mudah-mudahan bisa disepakati untuk relokasinya ke lahan yang di sebelah Hotel Pharmin. Jadi, kita kalau sudah bisa merelokasi pedagang, kita akan bangun ulang Blok G dan akan dilempar dalam bentuk konsep TOD (transit oriented development),” kata Sandiaga di Balai Kota, Selasa (6/3).

Saat ini, lanjut Sandi, pihak PD Pasar Jaya sedang bersinergi dengan PD Pembangunan Sarana Jaya untuk mematangkan konsep TOD di area Pasar Tanah Abang. Konsep tersebut sejatinya sudah diikat peraturan gubernur (pergub) di era kepemimpinan Joko Widodo.

Sandi juga mengatakan sepakat dengan Gubernur DKI Anies Baswedan yang menyebut penataan PKL bisa mencontoh kawasan Malioboro, Yogyakarta. Di sana, ujarnya, masyarakat kelas menengah ke bawah bisa mendapat perhatian tanpa penyingkrtan fasilitas untuk turis dan wisatawan.

“Ya tempat sementaranya harus jadi dulu, baru mereka dipindahkan karena kalau tidak, mereka tidak akan bisa memiliki lahan usaha,” ujar Sandi.

Lokasi berdagang sementara itu rencananya digunakan selama 3-4 bulan ke depan sambil menunggu pembangunan sky bridge di Blok G Tanah Abang selesai.

Para PKL Tanah Abang akan direlokasi kembali ke sky bridge tersebut.

“Kita inginnya nanti pola penataan sementara yang sudah sering disebut sebagai sky bridge. Itu ada nanti tempatnya buat pedagang yang di bawah diangkat ke atas sehingga yang di bawah bisa difungsikan lagi mudah-mudahan,” lanjutnya.

Anies belum memastikan kapan PKL akan dipindahkan sehingga fungsi jalan kembali normal. Ia hanya menekankan, itu bergantung pada selesainya konsep TOD tersebut.

Berdasarkan pantauan, di samping Hotel Pharmin memang terdapat sebuah lahan menyerupai lapangan. Di pintu masuknya terpampang spanduk besar yang bertuliskan kawasan ini akan menjadi pusat kuliner. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...