PKS Minta Pemerintah Hentikan Proyek Pemindahan Ibu Kota Negara Baru
Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur (Foto: Istimewa)

PKS Minta Pemerintah Hentikan Proyek Pemindahan Ibu Kota Negara Baru

Senin, 19 Apr 2021 | 13:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Anggota Komisi XI DPR Junaidi Auly dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta pemerintah untuk menghentikan proyek pemidahan ibu kota negara baru.

Menurutnya, proyek tersebut membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang, mengingat dalam waktu dekat pembangunan istana kepresidenan baru di kawasan Ibu Kota Negara, Kalimantan Timur akan dimulai.

Auly meminta pemerintah menghentikan sementara proyek pemindahan Ibu Kota Negara karena faktor ekonomi nasional yang masih sulit di tengah situasi pandemi. 

“Pemerintah tidak perlu memaksakan diri, sebaiknya fokus saja pada perbaikan layanan kesehatan dan pemulihan ekonomi,” ujar Junaidi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (18/4).

Ia mengatakan, Fraksi PKS sejak awal konsisten menolak proyek ini. Sebab bukan merupakan hal yang mendesak. Menurutnya, upaya pemulihan ekonomi dapat dilakukan  dengan cara lain seperti pemerataan ekonomi di berbagai daerah.

Auly lalu menyinggung soal biaya proyek tersebut yang diperkirakan hingga Rp466 triliun dan sekitar 20% dari biaya tersebut atau sekitar Rp89 triliun direncanakan akan dibebankan pada APBN.

“Anggaran tersebut tentu akan membebani postur APBN, kondisi keuangan negara saat ini sedang mengalami defisit. Jadi kami mendesak agar pemerintah membatalkan rencana pemindahan IKN,” ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...