PKS Minta PPKM Level 3 saat Nataru Tak Diterapkan di Semua Wilayah

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

PKS Minta PPKM Level 3 saat Nataru Tak Diterapkan di Semua Wilayah
Foto: ANTARA

Winnetnews.com -  Ketua DPP PKS Kurniasih Mufidayati meminta pemerintah mengkaji kembali rencana PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru. Ia menyarankan agar aturan PPKM tersebut diberlakukan di wilayah yang kasus hariannya masih tinggi dan cakupan vaksinasi Covid-19 masih rendah.

"Pembatasan kegiatan hanya untuk yang sifatnya keramaian massal seperti pesta tahun baru yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, baik tempat terbuka maupun tertutup dan kegiatan yang sifatnya konvoi atau arak-arakan," ujar Kurniasih Mufidayati pada wartawan, Minggu (21/11).

Menurut Mufida, sebaiknya tempat wisata yang banyak melibatkan UMKM juga tetap dibuka saat libur Nataru dengan pembatasan jumlah pengunjung.

"Misalnya kapasitas 50-70 persen, demikian juga dengan tempat kuliner, agar ekonomi rakyat tetap hidup," ungkap Mufida.

Selain itu, ia juga mengusulkan fasilitas umum yang menjadi tempat hiburan warga tetap dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen, penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan jika perlu wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk.

Mufida menilai kebijakan pembatasan untuk menekan penyebaran virus harus didasari kajian ilmiah. Ia pun mendorong pemerintah untuk melibatkan epidemiolog dan ahli kesehatan sebelum memutuskan kebijakan.

"Nanti penerapan PPKM level apapun tetap kita harus mengingatkan prokes 5M dan penerapan 3T yang paling penting. Tentang kebijakan PPKM saat libur Nataru wajib berdasarkan scientific based berdasarkan data sehingga tidak berubah-ubah sebagaimana kebijakan terdahulu," ujar dia.
 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...