Polda Metro Akan Ujicoba Tilang Elektronik

Polda Metro Akan Ujicoba Tilang Elektronik ilustrasi

WinNetNews.com - Polda Metro Jaya segera menerapkan tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di ruas Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sistem itu akan diuji coba selama satu bulan mulai Oktober 2018.

"Kita Oktober uji coba sambil sosialisasi. Satu bulan (uji coba) kemudian penerapan penegakan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf kepada wartawan di Hotel Diradja, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Menurut Yusuf, penerapan tilang elektronik ini sebenarnya direncanakan pada bulan ini. Namun kegiatan tersebut diundur, karena polisi fokus dalam pengamanan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

"Rencana memang kita kemarin, tanggal 22 September kita launching tapi karena ada beberapa kegiatan Asian Games dan sebagainya. Jadi kita undur lagi, kemungkinan besar paling lambat, Oktober. Harus bisa laksanakan ini," tuturnya.

Ia menambahkan, tilang elektronik ini dirasakan mendesak karena kondisi Jakarta sudah macet parah.

"Kalau kita merencanakan dari pertama kali saya masuk ke Polda Metro, salah satunya adalah karena faktor kemacetan, sehingga kita buat sistem seperti ini," imbuhnya.

Jalur protokol Sudirman-Thamrin menjadi percontohan untuk uji coba karena merupakan jalur tersibuk. Hal ini juga berlaku ketika menerapkan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil-genap.

"Memang tadi kita susah koordinasi dengan Dishub juga, jadi kalau memang target kita Sudirman dan Thamrin dulu, kita (jalan) protokol dulu. Seperti waktu kita melaksanakan ganjil-genap. Kan Sudirman-Thamrin dulu. Protokol dulu. Ini terpantau oleh semua kalangan, semua lapisan masyarakat. Dan ini jalan ini, melalui jalan ini dari kota maupun luar kota melalui jalan ini," papar dia. (detikcom)