Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Pembatasan Akses Masuk Jakarta Selama PSBB
Foto: Okezone.com

Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Pembatasan Akses Masuk Jakarta Selama PSBB

Selasa, 7 Apr 2020 | 20:01 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Jakarta secara resmi telah mendapat status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Terkait itu, muncul kabar yangmenyebutkan adanya penyetopan mobil di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beredar di grup-grup WhatsApp. Disebutkan bahwa upaya ini dilakukan dalam rangka penerapan PSBB

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan informasi tersebut tidak benar alias hoax.

"Itu hoax," kata Kombes Sambodo, dikutip dari Detikcom.

Ia juga menambahkan, dalam penerapan PSBB di Jakarrta, tidak diatur adanya pembatasan akses keluar-masuk Jakarta.

"Permenkes No 9 Tahun 2020 tidak mengatur pembatasan akses keluar-masuk Jakarta, yang ada adalah pembatasan penumpang," kata Sambodo.

Namun, saat ditanya lebih lanjut soal bagaimana mekanisme pembatasan penumpang tersebut, Sambodo belum bisa memastikannya.

"Kita tunggu detailnya dari Dinas Perhubungan," imbuh Sambodo.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, telah menyetujui usulan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Setelah itu, Pemprov DKI Jakarta bisa melakukan tindakan-tindakan pembatasan yang dirasa perlu untuk pencegahan virus Corona (COVID-19).

"Iya ditandatangani (Menkes) malam tadi (6/4)," ucap Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni.

Busroni kemudian menjelaskan Kemenkes hanya sebatas memberikan persetujuan atas status PSBB suatu kota, namun tidak memiliki kewenanganan dalam aturan khususnya. Meski begitu, ia menyatakan yang harus jadi perhatian utama adalah keselamatan masyarakat.

"Semua pedoman PSBB, maka nomor satu adalah soal keselamatan manusia, yang lain disesuaikan dengan kondisi Jakarta," ujar Busroni.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...