Polda Riau Turunkan Sniper Untuk Amankan Natal

Polda Riau Turunkan Sniper Untuk Amankan Natal

WinNetNews.com - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menurunkan tim sniper (penembak jitu) untuk mengamankan perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, namun jumlahnya tidak disebut secara rinci.

"Semua sniper sudah turun, karena keamanan masyarakat itu penting, termasuk keamanan personel juga," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji setelah memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2015 di lapangan Mapolda Jatim, Rabu.

Bahkan, Tim Gegana Polda Jatim juga sudah melakukan patroli setiap malam, terutama Sabtu dan Minggu. Selain sejumlah objek vital, patroli juga melintasi rumah Gubernur, Pangdam Brawijaya, Pangarmatim, Kapolda, dan sebagainya.

"Jadi, kami sudah memberi kenyamanan kepada masyarakat, karena itu pengamanan sudah ditingkatkan, bahkan sebelum ada penangkapan terduga teroris di Mojokerto dan Gresik pun sudah ditingkatkan," katanya.

 

Ditanya lokasi rawan, Kapolda Jatim mengatakan semua lokasi rawan, karena itu tidak ada pengamanan, karena semuanya dianggap khusus. "Tidak hanya jalur utara dan tengah, tapi kita antisipasi sampai ke pelosok," katanya.

Apalagi, pihaknya juga mendapat dukungan TNI. "TNI AL membantu kami mengamankan kawasan Juanda dan sekitarnya, sedangkan Kodam Brawijaya mendukung pengamanan sejumlah objek di Malang," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono mengatakan Operasi Lilin Semeru 2015 akan dilakukan sejak 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 dengan melibatkan 12.852 polisi se-Jatim.

"Mereka akan mengamankan 2.488 gereja, 316 objek wisata, 146 tempat perayaan pergantian tahun atau car free day, 350-an tempat perbelanjaan atau mal, 32 pelabuhan, enam bandara, 85 stasiun kereta api, 72 terminal, dan sebagainya," katanya.

Dalam pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 itu, Polda Jatim juga menyiapkan 187 pos pengamanan dan 44 pos pelayanan agar masyarakat bisa meminta bantuan langsung kepada aparat kepolisian.

(seperti dilansir Berita Satu)