Polemik Archandra diserahkan JK kepada Sekretariat Negara

Polemik Archandra diserahkan JK kepada Sekretariat Negara

Senin, 15 Agt 2016 | 20:16 | Rike
WinNetNews.com-Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyerahkan permasalahan mengenai dua kewarganegaraan Menteri ESDM, Arcandra Tahar, ke Kementerian Sekretariat Negara.

"Biarlah itu urusan teman-teman di Sekretariat Negara," ucap Kalla, saat meninjau Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Senin sore.

Kalla lebih suka membahas bagaimana supaya hal tersebut tak terjadi pada generasi muda Indonesia yang memiliki keahlian tertentu dan tinggal di luar negeri."Bagaimana tenaga-tenaga muda di luar negeri dihargai (di dalam negeri) dengan baik lalu ada penyelesaian administratifnya," jelasnya.

Sekretaris Negara, Pratikno, hanya menjelaskan bahwa kini Arcandra masih memiliki paspor Indonesia yang berlaku hingga 2017. Tahar pun pulang ke Indonesia dari Amerika Serikat untuk dilantik Jokowi jadi menteri dengan memakai paspor Indonesia. "Kami tegaskan beliau pemegang paspor Indonesia," jelas Pratikno.Saat ditanya mengenai Tahar yang diisukan telah disumpah berwarga negara Amerika Serikat, Pratikno menolak berkomentar."Nanti ditanya ke otoritas yang berkaitan," ungkap dia. Pratikno juga mengakui Istana Kepresidenan belum melakukan upaya klarifikasi ke Tahar soal status kewarganegaraannya. Kewenangan penuh mengangkat dan memberhentikan menteri ada di tangan presiden sebagai kepala pemerintahan.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...