Polemik Stafsus Presiden, Sandiaga Beri Tanggapan
Foto: Bisnis.com

Polemik Stafsus Presiden, Sandiaga Beri Tanggapan

Sabtu, 18 Apr 2020 | 17:01 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan dirinya prihatin dengan polemik potensi adanya konflik kepentingan yang menyeret Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, kata dia, kepercayaan terhadap pemerintah menjadi hal yang sangat penting terlebih di tengah penanganan pandemi Covid-19 saat ini.

"Polemik Stafsus Pak Jokowi ini, ya saya sangat prihatin ya," kata Sandiaga, dikutip dari Tempo.co.

Menurutnya mungkin saja niat Stafsus Jokowi baik. Mereka, kata dia, adalah para pengusaha muda yang sukses di bidang start up dan memiliki kinerja luar biasa membangun unicorn.

Namun ia mengingatkan ada standar tinggi yang diperlukan pejabat publik untuk memastikan tak ada benturan kepentingan. Politikus yang juga pengusaha ini pun bercerita, ia pernah mengalami hal serupa saat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Memang kita harus memastikan bahwa tidak ada potensi benturan kepentingan dan informasi itu disampaikan secara transparan, akuntabel, responsible, independen, dan juga penuh dengan keadilan atau fairness," kata dia.

Saat ini pemerintah, kata dia memerlukan kepercayaan publik terkait penanganan Covid-19. Maka dari itu pemerintah juga harus memiliki kredibilitas tinggi.

Selain itu menurutnya survei menyebutkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah masih terhitung tinggi. Ia berujar jangan sampai kepercayaan publik itu dicederai dengan adanya potensi konflik kepentingan yang banyak dipertanyakan publik.

"Mari kita sama-sama menjaga trust level yang tinggi kepada kebijakan pemerintah dan kita juga sama-sama saling mengoreksi, tidak perlu terlalu saling menjatuhkan," ucap Sandiaga.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...