Polisi Eropa Tangkap 14 Buronan di Tempat Berbeda

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Polisi Eropa Tangkap 14 Buronan di Tempat Berbeda
WinNetNews.com - Polisi Eropa berhasil menangkap 14 orang di daftar "paling dicari" dalam enam bulan sejak diluncurkan. Para pejabat banyak mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang secara tidak langsung ikut membantu pencarian tersebut.

"Setidaknya delapan dari penangkapan ini, berita utama disediakan melalui platform online yang berperan langsung dalam menemukan buronan," kata kantor polisi Eropa, Europol, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pasukan polisi dari seluruh Uni Eropa bersama-sama meluncurkan www.eumostwanted.eu setelah dikritik atas kurangnya koordinasi yang dibangun dari serangan militan November di Paris, yang menewaskan 130 orang.

Mereka sekarang di balik jeruji termasuk warga kelahiran Belgia, Salah Abdeslam, tersangka utama dalam serangan, dan Ibrahim Abrini, saudara Mohamed Abrini, berkewarganegaran Maroko-Belgia terlibat dalam kedua serangan Paris dan pemboman Brussels, Maret.

Pada bulan Februari , Rumania "guru yoga dan mentor spiritual" Gregorian Bivolaru, 64, ditangkap di sebuah toko buku di Paris setelah bertahun-tahun melarikan diri.

AFP melaporkan pada bulan Juni bahwa pengadilan Perancis telah memerintahkan dia untuk diekstradisi ke Rumania dengan tuduhan mengeksploitasi anak-anak dan pornografi anak antara 2002 dan 2004.

Bivolaru ditargetkan pada daftar paling dicari bersama dengan buronan lainnya termasuk Belgia yang terlacak ke Gabon, seorang yang misterius ditemukan di Malta dan Swedia yang paling dicari dan terletak di Inggris.

Bos mafia Italia Ernesto Fazzalari, 46, dicari karena pembunuhan, ditangkap di daerah terpencil di Italia akhir bulan lalu setelah dua dekade di jalankan, menurut laporan media.

"Banyak dari mereka yabg terdaftar tertangkap di negara-negara Eropa yang berbeda," kata petugas pers Europol Tine Hollevoet AFP.

Dua puluh delapan asli 45 nama dalam daftar itu masih tetap, dan Hollevoet mendesak masyarakat untuk melihat kembali pada situs sebagai nama baru telah ditambahkan. "Anda tidak pernah tahu jika Anda akan mengenali seseorang," katanya.

Setiap kepolisian nasional dapat mengirim dua orang ke daftar, dan sekali seseorang ditangkap nama dan profil dikeluarkan dan buronan baru yang dipilih.

Seorang wanita kedua kini telah ditambahkan ke daftar. Siprus Efi Irodotou, 29, yang dicari karena pembunuhan setelah seorang anak 17 tahun meninggal dalam kecelakaan tabrak lari mobil 2007 di pulau resor selatan Limassol.

Dia bergabung Cecilia Kettunen, 30, masih dicari oleh pihak berwenang Finlandia untuk "penipuan diperburuk ... worth sejumlah besar uang".

Orang dari berbagai negara juga ingin pada berbagai tuduhan termasuk pemerkosaan, pembunuhan, pemerasan dan perdagangan narkoba.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});