Skip to main content

Polisi Harus Buktikan Jessica yang Menaruh Sianida, Agar Tak Bertele-tele

Polisi Harus Buktikan Jessica yang Menaruh Sianida, Agar Tak Bertele-tele
Polisi Harus Buktikan Jessica yang Menaruh Sianida, Agar Tak Bertele-tele

WinNetNews.com - Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Jessica Kumala Wongso (27 tahun) sebagai tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin (27 tahun). Kriminologi dari Univeristas Indonesia (UI), Eko Haryanto menilai, jika polisi menetapkan status tersangka terhadap Jessica, berarti polisi mempunyai bukti kuat bahwa yang bersangkutan benar memasukkan sianida dalam minuman Mirna.

"Itu harus dibuktikan oleh polisi. Kalau itu bisa dibuktikan, selesai masalah, tak perlu bertele-tele seperti sekarang," kata Eko, Selasa (2/2).

Baca: Polisi Masih Terus Cari Bukti Berupa Celana Jessica

Ia mengaku ragu jika Jessica yang benar-benar memasukan sianida di kopi Mirna. Menurutnya, kepolisian tidak bisa menetapkan status tersangka terhadap Jessica, hanya berdasarkan rekaman CCTV.

"Kalau cuma berdasarkan CCTV memasukkan sesuatu, bisa diperdebatkan itu, (antara benar) sianida atau bukan," ujarnya.

Eko mengatakan, motif pembunuhan saat ini tidaklah terlalu penting. Sebab, saat ini yang utama adalah, polisi bisa membuktikan, Jessica memasukkan sianida dalam minuman Mirna.

"Mau pakai motifnya apa, yang penting (polisi) bisa membuktikan," jelasnya.

Penetapan status tersangka terhadap Jessica merupakan babak baru. Menurut Eko, saat ini, baik polisi, tersangka maupun penasihat hukumnya, sedang mengejar pembuktiannya.

"Pertarungannya inteluaktlitas, (pembuktian) secara ilmiah," ujarnya.

Baca: Kasus 'Kopi Sianida', Polisi Siapkan Bukti Tak Terbantahkan

Menurutnya, kunci misteri pembunuhan Mirna sederhana, yaitu kopi, sianida, mati. Jalurnya, dari dapur, lewat pramusaji, sampai di meja. "Itu kan ada tiga titik utama. Dan orang-orangnya hanya berputar itu saja," kata dia.

Kemudian, Eko melanjutkan, CCTV yang digunakan sebagai salah satu bukti, menunjukkan Jessica mengambil sesuatu dari dalam tasnya. Namun menurutnya, belum tentu Jessica yang memasukkan sianida dalam gelas Mirna.

Sumber: Republika Online

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top