Polisi: Red Notice Kepada Rizieq Tak Serta Merta Langsung Terbit
Kabidhumas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Raden Argo Yuwono/Foto: Zool WNN

Polisi: Red Notice Kepada Rizieq Tak Serta Merta Langsung Terbit

Selasa, 30 Mei 2017 | 12:33 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Penerbitan red notice terhadap Pak Rizieq Syihab akan melalui jalur-jalur yang telah ditentukan. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menyampaikannya kepada wartawan, Selasa (30/05/2017).

"Pertama kami akan datangi lagi rumahnya (Rizieq Syihab-red) untuk mengecek keberadaannya. Lalu ada proses lain berikutnya. Jadi tidak bisa serta merta menerbitkan," ungkap Argo.

Ia juga menambahkan, jika proses-proses persuasif itu tetap diabaikan oleh Pak Rizieq, Polda Metro Jaya baru bisa meminta red notice.

"Setelah dipastikan Rizieq tidak ada di dalam negeri, polisi selanjutnya akan menerbitkan DPO (Daftar Pencarian Orang) atas Habib Rizieq. Setelah penerbitan DPO dan Rizieq tak kunjung datang juga, baru polisi akan menerbitkan red notice, kita mintakan ke Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri," ujarnya.

Meski demikian, pihak kepolisian tetap berharap agar Rizieq segera datang ke Indonesia untuk menjalani proses hukum.

"Ya kita tetap berharap dia segera kembali, sehingga kita tidak perlu terbitkan red notice. Mudah-mudahan dengan adanya surat perintah penangkapan, yang bersangkutan mau hadir," tandasnya.

Pak Rizieq sendiri saat ini keberadaannya masih di Saudi Arabia. Melalui pengacaranya, ia menyatakan akan kembali ke Indonesia dengan segera.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...