Skip to main content

Polisi Sterilisasi Ruang Sidang PN Cilacap Jelang PK Abu Bakar Baasyir

 Polisi Sterilisasi Ruang Sidang PN Cilacap Jelang PK Abu Bakar Baasyir
Polisi Sterilisasi Ruang Sidang PN Cilacap Jelang PK Abu Bakar Baasyir

WinNetNews.com - Unit Jibom dari Gegana Satbrimobda Jawa Tengah dan Unit K9 Satwa anjing pelacak Polres Cilacap melakukan sterilisasi tempat sidang Peninjauan Kembali (PK) kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir di Pengadilan Negeri (PN) Cilacap, Jawa Tengah Senin (25/01/2016).

Kurang lebih 1 jam mulai dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB ruang sidang dan lingkungan Pengadilan Negeri Cilacap dilakukan Sterilisasi. Dengan menggunakan alat metal detector dan mirror set anggota Jibom Gegana Brimob menyisir seluruh ruangan serta kursi di dalam ruang persidangan untuk mencari dan mendeteksi benda mencurigakan di lingkungan Pengadilan Negeri Cilacap.

Selain itu, anjing pelacak jenis labrador spesialis pendeteksi bahan peledak milik unit K9 Polres Cilacap juga menyisir seluruh ruang dan halaman Pengadilan Cilacap untuk mengendus barang yang mencurigakan. Sterilisasi sengaja dilakukan malam hari mengingat waktu siang hingga sore hari Pengadilan Negeri Cilacap digunakan untuk kegiatan rutin persidangan.

"Sterilisasi yang dilakukan oleh tim sudah sesuai dengan Standar Oprasional dalam pengamanan sidang Peninjauan Kembali Ustaz Abu Bakar Baasyir yang akan dilaksankan pada Selasa (26/01)," kata Kapolres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya melalui Kasubbag Humas AKP Bintoro Wasono.

Setelah ruangan dinyatakan steril, kemudian ruangan dijaga oleh 1 pleton pasukan dari Brimob dan Pengendali masa (Dalamas) Polda Jawa Tengah.

Pada sidang PK kali ini, pihak kepolisian menerjunkan sebanyak 1.600 personil Polri dari Polda Jateng dibantu TNI, yang dilibatkan untuk mengamankan jalannya sidang.

"Kita tidak main-main dalam pengamanan kali ini. Ada yang berani coba-coba, langsung kami ambil tidakan. Kita tidak mau ambil resiko sekecil apapun. Kami dan masyakat Cilacap pada umumnya menginginkan keamanan yang solid di wilayah Kabupaten Cilacap," tegasnya.

Sementara menurut juru bicara PN Cilacap, Catur Prasetyo memperkirakan pengunjung sidang PK Abu Bakar Baasyir akan lebih banyak dibanding sidang pertama dua pekan lalu. Bahkan sidang tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga sore hari. Sebab, setelah tanggapan jaksa, pihak Abu Bakar Baasyir akan menghadirkan lima orang saksi yang dijadwalkan akan memberikan keterangan di hadapan majelis hakim.

Maka dari itu, pihaknya telah mempersiapkan tenda tambahan, fasilitas istirahat dan beribadah bagi pengunjung yang akan terkonsentrasi di halaman PN Cilacap.

"Besok kemungkinan pengunjungnya banyak, terus sampai sore juga. Karena acara puncaknya sebenarnya besok. Jadi antisipasinya untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung kita tambah tendanya," jelasnya.

Dalam sidang besok diagendakan akan mendengarkan keterangan 5 orang saksi, diantaranya Habib Rizieq Shihab dari FPI dan anggota Presidium MER-C Joserizal Jurnalis. Selain keduanya, juga akan dihadirkan tiga terpidana teroris yang kini masih berada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusakambangan, yakni Abu Yusuf atau Mustakim, Abdullah Sonata dan Joko Sulistyo.

Sumber: Detik

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top