Polisi Thailand Temukan 5 Bom Lainnya

Polisi Thailand Temukan 5 Bom Lainnya

Senin, 15 Agt 2016 | 07:23 | Rusmanto
WinNetNews.com - Polisi Thailand menemukan 5 bom terkait dengan serangan bom di kawasan wisata minggu lalu. Bom tersebut telah berhasil dijinakkan.

Polisi menyebut telah menangkap seorang yang diduga berkaitan dengan serangan tersebut. Demikian dilansir Reuters, Senin (15/8/2016).

"Aksi ini dilakukan oleh sebuah kelompok di beberapa area secara simultan, mengikuti perintah dari seseorang," ucap Kepala Polisi Nasional Thailand, Pongsapat Pongcharoen, kepada wartawan tanpa penjelasan lebih lanjut.

Sebelumnya, otoritas Thailand melakukan perburuan setelah 11 bom kecil meledak di lima provinsi di Thailand Selatan pada Kamis, 11 Agustus malam dan Jumat, 12 Agustus malam. Empat warga lokal tewas dan lebih dari 30 orang lainnya -- termasuk beberapa turis asing -- luka-luka dalam rentetan ledakan bom itu.

Sejauh ini belum ada pihak atau kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan-serangan bom tersebut. Namun kepolisian Thailand menegaskan bahwa serangan bom itu tak ada kaitan dengan terorisme internasional. Menurut kepolisian Thailand, rentetan ledakan bom tersebut merupakan sabotase lokal.

Otoritas Thailand juga membantah dugaan keterkaitan serangan-serangan itu dengan pemberontakan milisi Islam di wilayah Thailand selatan.

Dari rentetan serangan bom itu, kota Hua Hin paling parah terkena dampaknya. Empat ledakan bom mengguncang resor pantai populer itu dalam 24 jam. Hal itu memicu kekhawatiran akan adanya dampak buruk bagi industri pariwisata di kota tersebut.

Hua Hin yang berada sekitar 200 kilometer sebelah selatan ibukota Bangkok, merupakan persinggahan populer bagi para turis mancanegara dan lokal. Selama bertahun-tahun, Hua Hin telah menjadi tempat berlibur favorit bagi Raja Bhumibol Adulyadej.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...