Polres Bogor Gelar Rekontruksi Kasus Duel Gladiator di Taman Palupuh Kelurahan Tegal Gundil

Polres Bogor Gelar Rekontruksi Kasus Duel Gladiator di Taman Palupuh Kelurahan Tegal Gundil

WinNetNews.com - Polres Bogor Kota menggelar rekontruksi kasus duel ala gladiator antar siswa SMA di Kota Bogor yang menewaskan Hilarius Christian Event Raharjo. Rekontruksi dilakukan di Taman Palupuh Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor yang merupakan lokasi duel gladiator yang terjadi pada akhir Januari 2016 lalu.

Rekonstruksi dilakukan pada. Senin (25/9/2017). Dalam proses rekontruksi, semua adegan dilakukan oleh 4 tersangka yakni AB sebagai orang yang berduel langsung dengan korban Hilarius, MS yang berperan sebagai wasit, serta HK dan TB yang berperan sebagai pencari lokasi dan yang menunjuk siapa saja yang akan melakukan duel. 

Selain keempat tersangka, polisi juga melibatkan para saksi yang ikut berduel saat AB berduel dengan Hilarius. Rekontruksi juga dihadiri para kuasa hukum dan orangtua para tersangka, pihak Kejaksaan Negeri Bogor, Bappas dan beberapa teman tersangka.

Pantauan di lokasi, proses rekontruksi mulai dilakukan sejak pukul 14:30 WIB. Rekonstruksi dimulai dengan adegan kedatangan para tersangka dan korban. Rekontruksi baru berakhir sekitar pukul 17:30 WIB. 

Dalam proses rekontruksi, diketahui bahwa baik para tersangka, korban dan saksi-saksi datang ke lokasi menggunakan motor. Selanjutnya, baik tersangka maupun korban serta peserta duel lainnya langsung menuju lokasi duel yang berada di pojok Taman Palupuh. 

Di lokasi tersebut, juga diperagakan beberapa adegan di mana lima pasangan duel bertarung dengan lawannya masing-masing, termasuk AB dengan Hilarius. Duel tersebut dilakukan secara bersamaan. 

Dalam rekontruksi, proses duel antara AB dan Hilarius juga dilakukan pada adegan ke-11. "Kepala saya dipukul duluan," kata tersangka ketika ditanya penyidik bagaimana proses duel itu berawal. 

Setelah sempat memukul, Hilarius kemudian terjatuh di bawah pohon karena mendapat serangan dari AB. Dalam posisi terlentang karena jatuh, Hilarius kemudian mendapat tendangan di bagian perut oleh AB yang saat itu masih berdiri. Dalam adegan ke-11 itu, AB juga sempat memperagakan bagaimana ia sempat menyeret dan memukul wajah Hilarius yang saat itu masih dalam kondisi terlentang. Saat itu, MS yang berperan sebagai wasit sempat mendekat dan meminta Hilarius menghentikan duel. 

"Ada yang teriak terus, terus," kata AB ketika melihat Hilarius sudah tidak melakukan perlawanan. Namun, AB mengaku tidak mengetahui siapa yang memintanya untuk terus memukuli Hilarius karena teriakan datang dari arah belakangnya.

Sampai akhirnya, MS mendekat dan meminta agar AB menyudahi duel. Dalam adegan tersebut juga diperagakan, ketika seorang saksi berinisial GN datang untuk memeriksa Hilarius yang tidak bergerak. Saat itu, GN menyebut kalau Hilarius masih bernapas. 

Oleh rekan-rekannya, Hilarius yang sudah tak berdaya juga sempat dibawa ke sebuah gazebo. Proses rekontruksi diakhiri pada agedan ke-14 dengan adegan tersangka FR (masih buron,red) membawa Hilarius ke RS Azra menggunakan sepeda motor.

"Semua adegan yang diperagakan ada 14 adegan. Tahapan-tahapan kita lakukan terkait peran-peran para saksi dan tersangka. Sejauh ini masih sesuai, hsil rekon dan hasil BAP tidak berbeda. Jadi TSK dan Saksi-saksi menjelaskan apa adanya," kata Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Choerudin, ditemui usai rekontruksi, Senin (25/9/2017).