Polusi Udara Bawa Efek Buruk bagi Rambut, Ini Cara Mengatasinya

Polusi Udara Bawa Efek Buruk bagi Rambut, Ini Cara Mengatasinya

Sabtu, 19 Okt 2019 | 17:10 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Polusi udara tak hanya membawa efek buruk bagi paru-paru, kulit, dan wajah, tetapi juga bisa merusak rambut. Tampilan rambut sehat dan kuat bisa dirusak oleh kandungan tertentu yang mencemari udara.

Para peneliti di L’oreal, sebagaimana dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Science, menemukan bahwa hal-hal yang disebut hidrokarbon aromatik polycyclic foto-toksik (PAH) di udara dapat menurunkan kesehatan rambut Anda seiring meningkatnya paparan polusi udara.

Para peneliti mengambil gambar di bawah mikroskop dari 200 serat rambut perempuan asal Baoding dan Dialian, Cina, memeriksa kutikula, dan jaringan korteks. Hasil penemuannya adalah peningkatan degradasi struktural serat rambut dari waktu ke waktu yang disebabkan peningkatan konsentrasi PAH. Demikian seperti ditulis dalam laporan penelitian itu dan dikutip laman Well and Good.

"Polusi udara telah lama terbukti merusak kulit, contohnya menyebabkan kerusakan radikal bebas yang mengarah pada penuaan dini dan timbul bintik-bintik gelap di wajah," kata Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat. 

"Molekul-molekul ini telah terbukti menyebabkan kerusakan struktural pada poros rambut, mengganggu lapisan luar rambut sehingga rentan kerusakan dan kerapuhan."

Namun, jangan khawatir, Anda dapat melindungi helai rambut yang rusak karena polusi udara dengan cara yang sama saat memproteksi kulit, yaitu antioksidan.

Dr. Zeichner menyarankan penggunaan sampo kaya antioksidan yang berfungsi sebagai garis pertahanan pertama. "Coba juga terapkan produk kondisioner untuk melindungi batang rambut dan tameng pelindung tambahan saat terpapar polusi udara,” ujar dia.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...