Ponsel Lipat Kembali Tren, Kamu Pilih yang Mana?
Ilustrasi ponsel lipat. [Foto: Andorid Authority]

Ponsel Lipat Kembali Tren, Kamu Pilih yang Mana?

Selasa, 21 Jan 2020 | 10:50 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Beberapa produsen smartphone kini tengah berkompetisi meluncurkan ponsel lipat. Seperti satu dekade lalu, ponsel lipat sempat berada di atas angin lantaran modelnya yang simpel dan ukuran yang mini.

Menukil dari Harianaceh.com, harga ponsel lipat kabarnya akan lebih murah dari tahun 2019. Berikut beberapa ponsel yang diprediksi akan meramaikan pasar ponsel lipat di 2020, diambil dari berbagai sumber.

1. Motorola

Motorola Razr telah diluncurkan pada 2019. Kabarnya ponsel akan mulai dijual pada tahun ini. Desainnya cukup berbeda dengan ponsel lipat yang sudah beredar saar ini.

image0
Motorola Razr. [Foto: PCMag]

Bila Samsung dengan Galaxy Fold mengusung kemampuan lipat seperti buku (lipat horizontal), Motorola Razr tampil dengan lipat vertikal.

Motorola Razr kabarnya dibanderol dengan harga USD1499 atau sekira Rp21 jutaan. Ponsel dengan dukungan fitur eSIM ini kabarnya eksklusif untuk Verizon.

2. Samsung

Samsung dikabarkan akan meluncurkan ponsel lipat generasi keduanya pada Februari 2020. Ponsel lipat ini sebelumnya dijuluki Galaxy Fold 2 dan Galaxy Bloom. Namun baru-baru ini dikabarkan ponsel akan mengusung nama Galaxy Z Flip.

image1
Samsung Galaxy Fold. [Foto: Merdeka]

Desainnya dikatakan mirip dengan Motorola Razr dengan desain lipat vertikal. Selain itu, ponsel lipat kabarnya akan akan dibanderol dengan harga lebih murah yakni USD850 atau sekira Rp11,9 jutaan.

Seperti diketahui Galaxy Fold yang diluncurkan pada 2019 dibanderol dengan harga Rp26 hingga Rp30 jutaan.

3. TCL

TCL dikabarkan akan meluncurkan ponsel lipat miliknya tahun ini. Bocoran tentang prototipe ponsel lipat TCL telah beredar pada 2019. Ponsel memiliki empat kamera belakang, satu kamera selfie dan port pengisi daya USB-C. Tampaknya tidak ada jack headphone pada ponsel.

image2
TLC Foldable phone. [Foto: The Verge]

Berbeda dengan Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X, prototipe ponsel lipat TCL ini bisa dilipat sebanyak dua kali. Ponsel ini tampak begitu tebal bila dilipat dan lebih lebar saat dibentangkan. Untuk ukuran layar saat dibentangkan mencapai 10 inci.

4. Apple

Pada 2019, Apple dikabarkan mengajukan paten untuk ponsel lipatnya. Dari paten perangkat lipat Apple tersebut terlihat mirip Galaxy Fold yang terlipat ke dalam.

Pada paten Apple tersebut, ponsel lipat memiliki lapisan tampilan dan lapisan penutup pelindung di bagian atas yang dirancang untuk melipat atau menekuk di sepanjang wilayah yang dapat ditekuk spesifik.

image3
Ilustrasi smartphone lipat milik Apple, yakni iFold. [Foto: YouTube]

Rumor mengungkapkan bahwa iPhone lipat milik Apple tersebut akan hadir pada 2020. Sayangnya, belum ada pernyataan resmi terkait informasi tersebut dari Apple. [harianaceh]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...