Skip to main content

Ponsel Low-end Samsung yang Bisa Potret Mode

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com - Tren kamera di ponsel flagship saat ini adalah fitur portrait mode, atau mengambil foto dengan latar yang blur. Samsung kini bisa menghadirkan fitur tersebut ke ponsel berharga murah.

Hal ini bisa dicapai dengan sebuah sensor baru yang dibuat oleh Samsung. Sensor Isocell bernama Fast 2L9 ini menerapkan teknologi dual pixel, seperti yang dipakai Google di duo Pixel 2.

Cara kerjanya pun sama, yaitu membelah pixel menjadi dua yang akan memotret dalam waktu bersamaan. Bedanya pixel pertama akan mengambil foto dengan fokus yang tepat, sementara pixel kedua akan memotret dengan titik fokus yang sengaja dibuat meleset.

Alhasil foto yang dipotret akan menghasilkan latar dengan efek bokeh alias blur. Sensor Fast 2L9 ini mempunyai ukuran pixel 1,28 mikron dengan resolusi 12 megapixel, yang harganya lebih murah ketimbang kebanyakan sensor yang dipakai di ponsel flagship.

Jadi nantinya ponsel kelas menengah (atau mungkin bawah) pun bisa mempunyai kamera dengan fitur portrait mode, demikian dikutip dari GSM Arena, Kamis (12/10/2017).

Tak cuma itu, Samsung pun merilis sensor lain bernama Slim 2x7, yang merupakan sensor 24 megapixel. Ukuran pixelnya lebih kecil Fast 2L9, yaitu 0,9 mikron. Meski ukuran pixelnya kecil, performa dalam keadaan gelapnya diklaim tinggi.

Ia akan menggabungkan empat pixel sekaligus saat gelap untuk meningkatkan sensitivitas cahaya, yang disebut oleh Samsung sebagai Tetracell. Tak sekadar terang, sensor ini disebut punya dynamic range yang tinggi.

Tak cuma itu, baik Fast 2L9 dan Slim 2x7 dedesain untuk ponsel tipis, artinya bodi belakang ponsel tak akan menonjol di bagian kameranya. (detikcom)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top