Popcon Asia 2016 Hadir Berkat Sunny Gho

Popcon Asia 2016 Hadir Berkat Sunny Gho

Jumat, 12 Agt 2016 | 10:39 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com -  Bagi penggemar Popcon Asia 2016 sepertinya tidak boleh melewatkan pertunjukkan yang satu ini. Popcon Asia2016 akan segera hadir berkat Sunny Gho, artis yang membuat hal itu terjadi.

Penggemar komik, pecinta animasi dan pecinta permainan dari seluruh Indonesia akhirnya akan dapat melihat popcon tahun ini, tepatnya tanggal 12 sampai 14 Agustus 2016 di Jakarta Convention Center.

Popcon Asia adalah sebuah konvensi pop terbesar tentang budaya Asia yang diselenggarakan secara tahunan. Sudah sangat dikenal dan menjadi acuan bagi calon seniman.

Salah satu artisnya adalah Sunny Gho, pendiri Popcon Asia.

Sunny memang memiliki gairah untuk seni sejak ia masih kecil. Sunny tumbuh besar dan selalu membaca buku komik Jepang seperti Dragon Ball, Detektif Conan, Sailor Moon dan Kung Fu Boy. Dia mengakui bahwa semangat untuk seni ini sebagian dipengaruhi oleh buku-buku komik, karena minatnya terinspirasi dari seni ilustrasi tersebut.

Sejak ia menemukan bakatnya untuk mewarnai, ia mulai bekerja sebagai artis mewarnai pertama di Indonesia, maka untuk bisnis komik di AS seperti DC Comics dan Marvel. Karyanya termasuk karakter seperti Spider-Man dan The Avengers.

Sunny menggunakan studio bernama Stellar Labs untuk bekerja, di mana seniman Indonesia bekerja untuk bisnis komik Amerika.

Setelah beberapa tahun, ia menyadari bahwa banyak orang Indonesia memiliki potensi untuk diakui secara internasional karena seni yang mereka buat. Oleh karena itu, ia mendirikan Popcon Asia pada tahun 2012 sebagai forum untuk calon seniman lokal yang ingin memasuki pasar internasional.

"Ketika kita berpikir tentang pendiri Popcon Asia, belum ada acuan untuk menampilkan buku-buku komik atau seni komik. Orang tidak tahu di mana memamerkan karya mereka, meskipun banyak orang Indonesia memiliki potensial besar, hanya melihat para seniman yang memberikan kontribusi untuk Star Trek dan Spider-Man dan semuanya, "kata Sunny.

"Waktu itu, satu-satunya platform untuk memamerkan karya kami adalah internet, dan dengan internet, Anda tidak bisa benar-benar terhubung dengan seniman dan pembeli potensial. Jadi kami mendirikan Popcon, di mana kami juga termasuk teman-teman yang memiliki bakat dalam industri permainan, film dan mainan. Bersama-sama, popcorn bakat ini dibuat.”

Baca juga: Seri Animasi Televisi 'Peanuts' Akan Hadir di Popcon Asia 2016

"Anda bisa mengatakan itu cukup mengesankan untuk sebuah acara yang masih baru. Berkat Popcon, banyak artis potensial yang masuk ke pasar." Sunny menambahkan.

Selain menjadi co-pendiri Popcon Asia, Sunny juga CEO Kosmik, majalah komik bulanan Indonesia, didirikan dengan semangat yang sama dari Popcon Asia.

"Seniman Indonesia memiliki bakat. Mengapa kita harus hanya dengan tongkat memajukan industri komik Amerika? Jadi kemudian aku berpikir tentang kita membuat sendiri dan itulah bagaimana Kosmik lahir, "katanya.

Salah satu seniman di balik cerita di Kosmik adalah Erfan Fajar, yang digunakan untuk salah satu yang menarik komik Star Trek. Sunny tidak bekerja sebagai seniman untuk Kosmik, melainkan berkaitan dengan penelitian dan pemasaran.

"Kosmik dimaksudkan untuk melayani sebagai tempat di mana seniman berbakat di Indonesia dapat memamerkan karya mereka dan keterampilan dalam menggambar dan bercerita," kata Sunny.

Sunny menjelaskan bahwa tujuan utama majalah ini adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia, mencatat bahwa Jepang dan Korea telah mengekspor puluhan ribu buku komik mereka di sini.

"Pada akhirnya, Popcon dan Kosmik dimaksudkan untuk memberitahu negara-negara lain di luar sana bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya," tambahnya.

Meskipun banyak tantangan, Sunny sangat antusias karena konten Popcon Asia sangat di tunggu – tunggu oleh masyarakat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...