Port of Jakarta Siap Dibangun, Pemprov DKI Ingin Gandeng PT Pelindo II

Port of Jakarta Siap Dibangun, Pemprov DKI Ingin Gandeng PT Pelindo II

Senin, 25 Apr 2016 | 22:19 | Rike
WinNetNews.com - Walau proyek Reklamasi Teluk Jakarta dihentikan sementara, Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) akui siap bangun Port of Jakarta. Guna membangun bandar yang mencakup di 5 pulau buatan, Ahok siap gandeng PT Pelindo.

"Kami mau kerja sama dengan Pelindo II dan III, jadi kita mau Port of Jakarta dari Pulau N, O, P, Q, sebagian M malahan," ucap Ahok di Gedung Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Senin (25/S/2016). Di Port of Jakarta yang menjadi kerja sama dengan Belanda itu nantinya juga bakal membangun tempat hiburan sekelas Universal Studios di Pulau Reklamasi. Di mana pembangunan hiburan tersebut akan dikerjakan PT Pembangunan Jaya Ancol (BUMD)."Jakpro ada saham, Ancol ada saham, Jaya ada saham, O, P, Q itu kita namaian PT KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Termasuk Port of Rotterdam, kita ajak punya saham sehingga ada jaringan dengan Belanda," terang Ahok.

Kerja sama dengan PT Pelindo sendiri salah satunya terkait urusan transportasi. Pelindo memang sedang menggarap New Tanjung Priok pada pulau N, salah satu pulau reklamasi Teluk Jakarta."Ya N. Jadi kita punya O, P, Q di logistik, gabung dengan KBN. PT KBN juga jadi ada logistik, gudang dan pelabuhan. Nah, hanya prosesnya masuk pemerintah pusat, (karena pemerintah) berpikir Tanjung Priok nggak mau dikembangin, mau pindah ke Subang," paparnya.

"Kita jauh lebih gampang ngembangin yang sudah ada. Toh ada jalur kereta, bisa dari Bekasi, Karawang masuk ke sana juga," tambah Ahok.Pemprov DKI sendiri sebenarnya memiliki target untuk mulai bangun Port of Jakarta tahun depan. Tetapi Ahok sebut tetap saja pembangunan harus tunggu urusan moratorium selesai."Nah mesti tunggu beres dulu nih. Rencana kalau jadi Port of Jakarta itu kira-kira 2017 udah mulai, ada pembicaraan bertahap," tandasnya.

Sumber&foto:detik.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...