Pose Unik Kerangka Ini Malah Bikin Arkeolog Kagum. Seperti Apa Sih?
Foto: The Siberian Times/Denis Volkov

Pose Unik Kerangka Ini Malah Bikin Arkeolog Kagum. Seperti Apa Sih?

Rabu, 24 Mei 2017 | 10:25 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kerangka abad pertengahan yang aneh telah ditemukan di Siberia oleh para arkeolog yang telah mencapnya sebagai 'penari Dark Ages'.Arkeolog sangat "kagum" dengan pose kerangka itu, yang diyakini berasal dari abad ketujuh dan kesembilan Masehi.

Penari ini dipercaya berusia sekitar 30 tahun ketika ia meninggal. Tapi para ahli khawatir, mungkin ada penjelasan mengerikan terhadap postur tubuhnya yang aneh di kuburnya, bahwa untuk alasan yang tidak diketahui, tubuhnya terikat saat dikuburkan.

"Dia membaringkanpunggungnya, dengan kakinya terlihat seperti sedang menari.Kakinya disilangkan dan lutut terbuka lebar. Tidak ada upacara pemakaman yang diketahui termasuk posisi tubuh ini." kataArkeolog Denis Volkov, 35, mengatakan kepada The Siberian Times.

Bahkan, kerangka ini dijuluki Mikhail oleh para arkeolog.

"Kami dikejutkan oleh posisinya yang tidak biasa.Pria itu berbaring telentang, kakinya sedikit disilangkan di kaki lainnya.Dan lengannya disilangkan di sekitar panggulnya. Kitaberbicara dengan ahli forensik, antropolog, dan jelas bahwa jika kakinya tidak terikat, maka ekstremitasnya akan diluruskan.Kemungkinan besar, lengannya juga diikat." katanya.

image0

Namun tidak ada contoh jenazah manusia lainnya yang tertambat di kuburan Siberia dari era ini.Kerangka ini menjadipengecualiandi situs pemakaman Ust-Ivanovka di wilayah Primorsky di Timur Jauh Rusia.

Tulang-tulang lain yang ada di sini termasuk dalam kelompok geriatri di abad pertengahan, orang-orang yang telah menjalani kehidupan yang luar biasa lama untuk waktu itu, dengan usia berkisar antara 50 dan 70 tahun.

Makam "penari" itu berbentuk segi empat, dan ditutupi pasir putih, sementara yang lainnya melingkar.Ada juga beberapa bukti bahwa ia ditembak mati dengan anak panah.

Tampak di ujung terkubur di pinggulnya.Namun, biasanya pada saat orang dikuburkan dengan panah, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Pria itu diyakini berasal dari lapisan Mohe dari kelompok etnis Tungusik, namun penelitian lebih lanjut diperlukan.Arkeolog sedang memeriksa teori lain untuk kematian pria menari yang tidak biasa itu.

Ia mungkin menderita deformasi karena tuberkulosis atau sifilis.Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan pada tulang purba.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...